Bupati Bima Imbau Dinas PMD Agar Lebih Optimal Kawal Pengelolaan Dana Desa

BIMA – Bupati Bima, Indah Dhamayanti Putri mengimbau seluruh jajaran Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa agar lebih optimal dalam pengelolaan dan pengawasan Dana Desa. Hal tersebut disampaikannya saat memberikan arahan pada apel pagi di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Senin, (6/2/2023).

 

Indah mengatakan, pengawasan dapat dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan maupun pertanggungjawaban sesuai aturan yang masih berlaku.

 

“Di tahun 2023 ini, Kadis dan jajaran perlu membentuk kelompok kerja untuk mengawasi sejumlah desa yang dalam dua tahun terakhir rentan terjadi kesalahan dalam tata kelola dana. Hal tersebut dibuktikan dari adanya beberapa temuan oleh BPK pada tahun anggaran 2022,” ungkapnya.

 

Indah menambahkan, meskipun sudah dilakukan beragam pelatihan untuk peningkatan aparat desa namun masih belum mencapai hasil yang maksimal. “Meski demikian, langkah-langkah preventif dengan terus memberi pemahaman terus diupayakan agar tidak terjadi kesalahan yang sama dalam pengelolaan dana desa,” ujarnya.

 

Lebih lanjut, Indah meminta Kadis PMD agar memaksimalkan tugas para pendamping desa. Indah juga memperingatkan  pada Kadis dan jajarannya agar lebih serius menerapkan aturan yang ada.

 

“Jangan ada keberpihakan terkait pengelolaan dana desa,” tandasnya.

Penulis: Rizal

Editor: Ani

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *