Kolom Desa

Keindahan Tumpukan Pasir di Pulau Gili Raja Punya Sejarah Kelabu

gundukan pasir di Pulau Gili Raja tepatnya di Desa Banmaleng Kecamatan Gili Genting, Sumenep, Sumber foto : firmansyah

SUMENEP – Munculnya gundukan pasir di Pulau Gili Raja tepatnya di Desa Banmaleng Kecamatan Gili Genting, Sumenep, Madura, Jawa Timur sempat menghebohkan warga. Gundukan itu dinilai mempunyai sejarah kelabu.

Gundukan pasir yang berada ditengah laut itu dianggap aneh. Warga menganggap itu adalah fenomena alam. Karena sebelumnya gundukan pasir dengan panjang sekitar 150 meter dan lebar sekitar 40 meter itu hanyalah tumpukan karang.

Keindahan Tumpukan Pasir di Pulau Gili Raja Punya Sejarah Kelabu
Gundukan pasir di pesisir Pulau Gili yang menarik dikunjungi, namun berbahaya. Sumber foto: Istimewa.

Lokasinya sangat jauh dari bibir pantai. Untuk sampai ke gundukan tersebut, warga harus menyeberangi laut dua kali. Pertama warga menyeberangi laut dari pelabuhan Cangkarman, Kecamatan Bluto menuju Pulau Gili Raja.

Dari pelabuhan cangkarman terdapat dua rute untuk sampai ke pulau yang terdiri dari empat desa, yakni Desa Jate, Bannaleng, Banbaru, dan Desa Lombang. Rute pertama menuju pelabuhan Banbaru dan rute kedua dari Pelabuhan Cangkarman menuju Pelabuhan Cangcang, Desa Lombang.

Jarak tempuh dua rute itu ditempuh dalam waktu normal sekitar 60 menit menggunakan kapal motor. Ongkos transportasi sekitar Rp20 ribu per orang.

Kemudian untuk sampai di gundukan pasir, warga harus menyeberangi laut lagi melalui pelabuhan Desa Banmaleng dengan menggunakan perahu kecil. Dalam waktu normal perjalanan dari Desa Banmaleng menuju gundukan pasir membutuhkan waktu sekitar 40 menit.

Secara geografis gundukan pasir itu masuk wilayah Desa Banmaleng. Karena lokasinya berdekatan dengan Gilingan atau bisa disebut dengan Pulau Bidadari. Gilimanok adalah pulau kecil yang hanya dihuni satu RT, dengan jumlah populasi penduduk sekitar 300 orang.

Gundukan pasir itu kondisinya sangat gersang. Karena tidak satupun pepohonan yang tumbuh. Jika berkunjung, warga hanya bisa melihat burung yang silih berganti singgah di gundukan berwarna putih itu.

Meski begitu kondisi alamnya terlihat indah, selain pasirnya yang berwarna putih, air lautnya sangat bersih dan jernih. Warga bisa melihat dengan jelas terumbu karang dari atas perahu. Laut di sana sangat dalam, karena masuk wilayah selat jawa.

Di balik keindahannya, terdapat sejarah kelabu bagi sebagian warga Pulau Gili Raja. Konon banyak warga yang meninggal karena letusan benda yang diduga bom peninggalan belanda.

Untuk mendalami informasi itu, tim Kolom Desa menemui salah satu keluarga yang menjadi korban kala itu, sebut saja Ridwan.

Bagi Ridwan peristiwa ledakan benda itu tidak bisa hilang dibenaknya. Sebab, ayah Wahdi ikut jadi korban ledakan yang terjadi sekitar tahun 1985 itu. “Saat itu (peristiwa terjadi) saya masih sekolah MI (setara sekolah dasar),” katanya.

Sejarahnya kata Ridwan, gundukan pasir itu diduga menjadi tempat sandarnya kapal milik belanda. Hal itu dibuktikan adanya bangkai kapal yang ada di dekat gundukan pasir.

Namun, saat ini bangkai kapal itu sudah tidak ada. Karena puluhan tahun silam kapal itu diambil oleh warga. Warga mengambil benda itu dengan cara digergaji.

“Diambil untuk dijual. Karena bahannya sebagian terbuat dari kuningan. Harganya mahal. Hitung-hitung untuk menyambung hidup,” jelasnya.

Setelah badan kapal tidak ada, warga menemukan benda seperti meriam. Lokasinya berada disebelah timur laut di atas gundukan pasir.

Awalnya warga beranggapan jika benda tersebut bagian dari bangkai kapal. Warga berbondong-bondong untuk mengambilnya karena dianggap mempunyai nilai tawar tinggi jika dijual.

Warga mengambil barang itu dengan cara digergaji layaknya mengambil bangkai kapal sebelumnya. Namun, sebelum putus benda itu mengeluarkan udara. Melihat peristiwa itu, sekumpulan warga lari ketakutan.

Selang beberapa detik kemudian, benda itu meledak. Sehingga 11 orang dan tiga perahu hancur terkena serpihan benda yang diduga peninggalan belanda. “Pokoknya semuanya hancur. Tidak ada yang selamat, termasuk perahunya juga hancur,” urainya.

Senada dikatakan oleh Abdur tokoh masyarakat Desa Banbaru. “Famili saya juga ada yang menjadi korban,” katanya.

Setelah peristiwa itu terjadi, jarang warga berkunjung pergi ke gundukan tersebut. Karena dianggap lokasi yang berbahaya.Anehnya, kata Abdur, sejak beberapa tahun lalu gundukan itu hanya tumpukan karang laut. Namun sejak beberapa tahun lalu tiba-tiba dipenuhi pasir berwarna putih. “Itu fenomena alam. Sekarang sudah banyak pasirnya. Sehingga warga terkadang mengunjungi lokasi itu,” tandasnya.

Penulis : Fais

Editor: Habib Az

Exit mobile version