Site icon Kolom Desa

Kampung Rhepang Muaif Resmi Masuk 50 ADWI 2024

Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno bersalaman dengan Penjabat Bupati Jayapura Semuel Siriwa didampingi Penjabat Sekda Papua Yohanes Walilo usai menandatangani prasasti Kampung Rhepang Muaif sebagai desa wisata terbaik 2024. Sumber : papua.antaranews.com

Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno bersalaman dengan Penjabat Bupati Jayapura Semuel Siriwa didampingi Penjabat Sekda Papua Yohanes Walilo usai menandatangani prasasti Kampung Rhepang Muaif sebagai desa wisata terbaik 2024. Sumber : papua.antaranews.com

Kolomdesa.com, Jayapura – Kampung Rhepang Muaif, Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura diresmikan sebagai salah satu dari 50 desa wisata terbaik pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2024. Penetapan ini merupakan hasil keputusan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi kerja keras Kepala Kampung Rhepang Muaif Albertina Demotekay, serta Kepala Distrik Nimbokrang Welem Wouw, yang berkontribusi besar dalam pencapaian tersebut. Menurutnya, penghargaan ini tidak akan tercapai tanpa dedikasi mereka.

“Rhepang Muaif tidak bisa meraih penghargaan desa terbaik 2024 kalau bukan dedikasi dan loyalitas dari penggerak serta mentor bapak Alex Waisimon dan ibu kepala kampung Albertina Demotekay serta bapak kepala distrik Welem Wouw,” Kata Sandiaga, Rabu (9/10/2024).

Ia menyatakan bahwa pihaknya menunjuk Dr. Masyuro, Staf Ahli Bidang Pengembangan Usaha Kemenparekraf RI, untuk memastikan keberlanjutan desa wisata ini. Ia berharap agar para wisatawan tidak hanya datang untuk melihat, tetapi juga membeli produk ekonomi kreatif yang dihasilkan oleh masyarakat setempat.

“Tujuannya supaya wisatawan tidak menjadi “Rohali” atau rombongan yang hanya lihat-lihat tetapi harus menjadi “Rojali” rombongan yang jajan-jajan, beli-beli produk ekonomi kreatif di kampung Rhepang Muaif,” ungkapnya.

Ia juga menekankan pentingnya memasarkan produk-produk desa wisata Rhepang Muaif agar ekonomi kreatif berbasis komunitas dan konservasi alam terus berkembang. Menurutnya, daya tarik utama desa wisata ini adalah keindahan burung Cenderawasih, spesies endemik Papua yang semakin langka.

“Kami tentu berharap pariwisata Papua khususnya Kampung Rhepang Muaif semakin maju dan berkembang sehingga masyarakatnya dapat hidup sejahtera, Kami akan terus mengikut perkembangan dari waktu ke waktu tentang Kampung Wisata Rhepang Muaif melalui laporan dan ini bukan pertama karena tahun lalu Rhepang Muaif masuk 100 besar desa wisata terbaik dan tahun ini baru terwujud,” imbuhnya.

Sementara itu, Penjabat Sekretaris Daerah Papua, Yohanes Walilo menyampaikan kebanggaannya atas pencapaian Kampung Rhepang Muaif. Ia berharap desa tersebut menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di Papua.

“Kami sangat bangga sekali salah satu kampung di Papua yakni Rhepang Muaif masuk dalam desa wisata terbaik 2024 dan semoga ini menjadi contoh untuk kampung lainnya di sembilan kabupaten/kota daerah ini bisa mencontohkannya,” ungkapnya.

Penulis : Roman
Editor : Aziz

Exit mobile version