Desa Pela Raih Peringkat ke-5 Lomba Desa Wisata Nusantara 2024

Desa Pela di Kutai Kartanegara yang berada di tengah Danau Semayang, Kota Bangun itu meraih peringkat 5 Lomba Desa Wisata Nusantara 2024.
Desa Pela di Kutai Kartanegara yang berada di tengah Danau Semayang, Kota Bangun itu meraih peringkat 5 Lomba Desa Wisata Nusantara 2024. Sumber : Tribunkatim

Kolomdesa.com, Kutai KartanegaraDesa Pela, Kutai Kartanegara berhasil memperoleh prestasi yang sangat membanggakan. Pasalnya Desa yang berada di tengah Danau Semayang, Kota Bangun itu meraih peringkat 5 Lomba Desa Wisata Nusantara 2024.

Desa Pela menawarkan wisata dengan pemandangan alam Danau Semayang. Lebih spesial lagi, desa ini menjadi area konservasi sekaligus pengamatan Pesut Mahakam yang menjadi mamalia endemik Sungai Mahakam.

“Keberlanjutan desa wisata akan terjamin jika dibangun dengan prinsip pelestarian lingkungan,” kata Menteri Desa PDTT, Halim Iskandar, Selasa (1/09/2024).

Meteri Desa PDTT menekankan, dalam pembangunan desa wisata harus didasari oleh niat untuk menjaga kelestarian alam. Sehingga mampu menjadi wisata yang sangat indah.

Sementara itu, Asisten II Sekretariat Daerah Kukar Ahyani Fadianur Diani, mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian ini.

“Lomba Desa Wisata ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada desa-desa yang telah menunjukkan kinerja luar biasa dalam mengembangkan potensi wisata,” ungkapnya

Ia mengatakan bahwa desa wisata menjadi salah satu strategi utama untuk meningkatkan perekonomian lokal, menciptakan lapangan kerja baru. Serta mampu mendorong partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa yang berkelanjutan.

“Desa wisata bukan hanya sekadar destinasi, tetapi merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat desa. Kita harus bersama-sama memberdayakan potensi lokal agar setiap desa dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional,” jelasnya.

Ahyani mengungkapkan bahwa lomba desa wisata mendorong pengembangan desa yang berbasis pariwisata. Dengan memanfaatkan potensi lokal yang ada, diharapkan desa-desa di Indonesia dapat meningkatkan ketahanan ekonomi dan mengurangi kesenjangan antar wilayah.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia dan infrastruktur yang mendukung pelayanan dasar, selaras dengan pilar-pilar Sustainable Development Goals (SDGs).

Ahyani mencatat, Desa Pela telah menunjukkan kemajuan signifikan, naik dari peringkat 15 tahun lalu.

“Dengan dukungan semua pihak, kami berharap prestasi ini bisa terus meningkat,” ungkapnya.

Penulis : Devi arp
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *