Site icon Kolom Desa

Pegiat Desa di Gorontalo Ikuti Bimtek

Bimbimgan Teknis Pegiat Desa se-Gorontalo. Sumber: gorontalokab.go.id.

Bimbimgan Teknis Pegiat Desa se-Gorontalo. Sumber: gorontalokab.go.id.

Kolomdesa.com, Gorontalo – Seluruh pegiat desa Kabupaten Gorontalo mengikuti Bimbingan Teknis Penguatan Pendamping Desa. Kegiatan yang berlangsung di Hotel El-Madina itu dibuka oleh Pj Bupati Gorontalo, Haris Suparto Tome.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi pegiat desa, dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa,” ucap Haris, Selasa (1/10/2024).

Haris menjelaskan, Bimtek yang dilaksanakan dengan mengundang pegiat desa merupakan bagian dari Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) 2024. Untuk itu, seluruh kegiatan desa dalam pelaksanaannya akan diberikan pemahaman terkait dengan posisi desa hari ini yang menjadi subjek pembangunan.

“Perlu diketahui bersama, saat ini desa merupakan komponen penting, sebagai pilar pembangunan utama di desa,” katanya.

Haris juga mengatakan, keberadaan pegiat desa yang bersentuhan langsung dengan masyarakat tentu memiliki tanggung jawab besar. Maka dari itu, pembangunan yang dikerjakan harus berbasis kebutuhan masyarakat.

“Desa bukan hanya sebagai ujung tombak pemerintahan, lebih dari itu juga sebagai pusat ekonomi, sosial, dan budaya yang memiliki peran vital dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutur Haris.

Haris berpesan kepada seluruh pegiat desa yang hadir dalam kegiatan Bimtek untuk terus memegang teguh prinsip pembangunan desa. Hal ini dilakukan guna pemberdayaan masyarakat semakin nyata.

“Kemandirian desa merupakan yang utama, salah satunya ya dengan memanfaatkan potensi lokal dengan mengedepankan keseimbangan ekonomi, sosial, dan lingkungan,” beber Haris.

Haris juga memberi catatan, bagi pegiat desa yang mempunyai tanggung jawab di lokus penugasannya. Dinamika warga desa juga wajib dipelajari, lantaran faktor itulah yang menjadi kunci pembangunan desa dapat berjalan dan tidaknya.

“Analisis sosial juga penting dilakukan, terutama sebelum tindakan pembangunan yang berkesinambungan dilakukan, terlebih saat memanfaatkan potensi lokal yang ada,” terang Haris.

Haris berharap, dengan adanya pelaksanaan Bimtek Pegiat Desa. Pengetahuan dan Keterampilan pendamping desa itu meningkat dan membawa desa se Gorontalo lebih baik lagi.

“Dengan komitmen yang kuat dari pegiat desa, kita yakin desa yang ada di Gorontalo bisa berkembang dan mengalami kemajuan,” pungkas Haris.

Penulis: Fuji
Editor: Aziz

Exit mobile version