Site icon Kolom Desa

Desa Uelawu Jadi Perwakilan Penilaian Program Pokok PKK

Tim penilai program pokok PKK Sulawesi Tenggara. Sumber: teras.id.

Tim penilai program pokok PKK Sulawesi Tenggara. Sumber: teras.id.

Kolomdesa.com, Konawe Selatan- Desa Uelawu, Kecamatan Benua, Kabupaten Konawe Selatan mendapat penilaian program pokok PKK dari Tim Penggerak PKK Sulawesi Tenggara (Sultra). Dalam agenda itu, turut hadir Pj Bupati Konawe, Stanley.

“Kita bersyukur dengan terpilihnya Desa Uelawu dalam program ini, tentu dapat meningkatkan semangat dalam membangun desa,” ucap Stanley.

Stanley mengatakan, dengan adanya penilaian ini, UMKM di Desa Uelawu dapat dikembangkan. Perempuan dilibatkan dalam setiap usaha yang dilakukan.

“Saya menekankan untuk melibatkan perempuan dalam setiap agenda yang dijalankan,” kata Stanley.

Stanley meyakini, dengan adanya program pelatihan seperti yang tertuang dalam program pokok PKK. Desa Uelawu akan beberapa tahun kedepan akan beda dengan situasi saat ini.

“Program ekonomi, kedepan akan memberi dampak nyata bagi masyarakat,” jelas Stanley.

Sementara itu, Sekretaris Pokja 3 Tim Penggerak (TP) PKK Anita Indriasari menjelaskan penilaian Desa Uelawu merupakan urutan kedelapan. Ia menyebut, sebelumnya sudah ada desa yang telah dilakukan penilaian, yang berada di kabupaten lain.

“Di Kabupaten Konawe, penilaian dilakukan di Desa Uelawu, dan ini merupakan urutan kedelapan dari keseluruhan yang dinilai,” sambung Anita.

Menurut Anita, penilaian yang dilakukan oleh tim penggerak PKK berkenaan dengan program kerja setahun berjalan. Program PKK yang direncanakan oleh Desa Uelawu akan dilihat, dan nantinya akan dinilai.

“Proses ini merupakan tahapan penilaian, dan kita lihat seperti apa program yang telah dilakukan oleh Desa Uelawu,” jelas Anita.

Anita mengatakan, setelah mendapat penilaian, Desa Uelawu akan bertarung dengan desa lain, dan memperebutkan skor tertinggi untuk diketahui juaranya.

“Nanti akan mendapat trophy, dan piagam dari Ketua TP PKK Sultra,” sebut Anita.

Anita berharap, dengan adanya kegiatan penilaian ini, TP PKK setiap kabupaten dapat aktif lagi dalam melaksanakan program pokok PKK.

“Ada 10 program PKK yang dapat diimplementasikan masing-masing daerah sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing,” beber Anita.

Menurut Anita, Desa Uelawu sudah cukup baik dalam menerapkan program pokok PKK. Dirinya menilai, poin yang ada di program pokok PKK dapat diterapkan dengan baik oleh Pemdes Uelawu.

“Program unggulan sudah diimplementasikan seperti pelatihan keterampilan enajhit, pertanian organik ini cukup bagus,” terang Anita.

Anita juga takjub dengan tindak lanjut pelatihan yang telah dilakukan. Selain memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi warga, perekonomian juga jalan dengan keahlian yang sudah dipelajari dari program pokok PKK ini.

“Sudah memberikan dampak ekonomi tentu ini merupakan dampak yang positif,” ujar Anita.

Warga Desa Uelawu, Thohir senang dengan adanya penilaian program pokok PKK ini. Menurutnya, beragam manfaat dapat diperoleh saat kegiatan ini berjalan.

“Peningkatan kesehatan anak-anak berjalan, karena dalam agenda itu dijalankan program kesehatan dan gizi,” pungkas Thohir.

Sebagai informasi, adapun 10 program pokok PKK terdiri dari; penghayatan dan pengamalan pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan, dan perencanaan sehat.

Penulis: Fuji
Editor: Aziz

Exit mobile version