Site icon Kolom Desa

Desa Sukadadi Ditetapkan Jadi Kampung Brebes

Kades Sukadadi saat memegang bawang merah hasil panen. Sumber : Lampungnewspaper.disway.id

Kades Sukadadi saat memegang bawang merah hasil panen. Sumber : Lampungnewspaper.disway.id

Kolomdesa.com, Pesawaran – Desa Sukadadi, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran ditetapkan menjadi Kampung Brebes. Hal ini berdasarkan deklarasi yg dilakukan oleh kepala desa setempat.

“Beberapa bulan lalu kita sudah mendeklarasikan bahwa Desa Sukadadi akan dijadikan Brebesnya Kabupaten Pesawaran. Kami berharap ada campur tangan dari pihak lain untuk mewujudkan program Kampung Brebes, karena kami masih petani pemula dan masih belajar,” ucap Kepala Desa Sukadadi, Rudi Maryoto, Selasa (1/10/2024)

Ia mengatakan, pihaknya sudah mengalokasikan anggaran untuk APBDes 2025. Dimana sekitar 20 persen untuk ketahanan pangan berupa pembelian pupuk.

“Kami akan berikan bantuan pupuk organik untuk meringankan kebutuhan para petani bawang di desa kita,”katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sam Herman melalui Kabid Hortikultura Dimyati menambahkan, bahwa panen raya demplot terselenggara berkat kerja sama dengan Kelompok Tani di Desa Sukadadi dan Dinas TPH.

“Ada seperempat hektar untuk demplot tanaman bawang di Sukadadi ini, dan kita targetkan di Pesawaran sekitar 50 hektar untuk tanaman bawang di Pesawaran,” tutupnya.

Penulis : Wafi
Editor : Aziz

Exit mobile version