Site icon Kolom Desa

Wujudkan Aspirasi Warga, Pemdes Sidowarek Rehab Kantor Desa

Kepala Desa Sidowarek Drs Fatchur Rohman bersama jajaran perangkat desa di pendopo kantor desa yang baru dibangun. Sumber : radarjombang/Dwi Aris S

Kepala Desa Sidowarek Drs Fatchur Rohman bersama jajaran perangkat desa di pendopo kantor desa yang baru dibangun. Sumber : radarjombang/Dwi Aris S

Kolomdesa.com, Jombang – Pemerintah Desa (Pemdes) Sidowarek, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dengan merehabilitasi kantor desa.

Hal itu dilakukan lantaran sebelumnya banyak masukan dari warga desa untuk melakukan pemugaran balai desa.

“Keberadaan kantor desa yang representatif sangat penting untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” Kepala Desa Sidowarek Fatchur Rohman. Jum’at (27/9/2024).

Menurut Fatchur, pemugaran kantor desa ini merupakan salah satu aspirasi warga. Diharapkan, dengan kantor yang lebih representatif, masyarakat akan lebih nyaman saat mendapatkan pelayanan di kantor desa.

”Pemugaran kantor desa merupakan inisiatif pemdes yang sudah disepakati bersama dalam musyawarah desa (musdes) bersama warga. Gedung kantor desa menjadi fokus utama pembangunan, karena sejak awal dibangun hingga saat ini belum pernah tersentuh rehab,” ujarnya.

Revitalisasi kantor desa dilakukan secara bertahap, dimulai dari pembangunan pendopo yang disertai dengan ruang pelayanan dan ruang perangkat desa.

Langkah selanjutnya adalah pembangunan pagar, gapura, dan pemasangan paving untuk mempercantik halaman kantor desa. Seluruh pembangunan ini dikerjakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Sidowarek.

”Meski belum tuntas sepenuhnya, kantor desa sudah dapat digunakan untuk operasional sehari-hari dalam melaksanakan kegiatan pelayanan kepada masyarakat,” bebernya.

Menurut kepala desa yang akrab disapa Gus Fatchur tersebut, pemugaran kantor desa didasari atas kebutuhan masyarakat.

”Lokasi kantor desa yang berada di pinggir jalan nasional juga menjadi tanggung jawab moril bagi pihak pemdes untuk mempercantik perwajahan kantor desa. Selain itu, juga mempertimbangkan fungsi utama dan kebutuhannya bagi masyarakat sekitar serta menjadi kebanggaan tersendiri bagi seluruh warga desa,” pungkasnya.

Sebagai informasi Desa Sidowarek terbagi dalam tujuh dusun. Meliputi Dusun Genjong Lor, Genjong Kidul, Wonorejo, Kepuh Pandak, Bendo, Maron serta Dusun Kweden.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Danu

Exit mobile version