Site icon Kolom Desa

Desa Garanta Launching Sekolah Lansia Matahari

Pembukaan Sekolah Lansia Matahari di Desa Garanta. Sumber: wartabulukumba.pikiran-rakyat.com.

Pembukaan Sekolah Lansia Matahari di Desa Garanta. Sumber: wartabulukumba.pikiran-rakyat.com.

Kolomdesa.com, Bulukumba – Desa Garanta, Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba melaunching Sekolah Lansia Matahari. Peresmian lembaga pendidikan untuk usia lanjut itu dilakukan oleh Kepala BKKBN Sulawesi Selatan, Solikhin.

“Kami ingin memberikan ruang bagi para lansia untuk tetap aktif. Merasa dihargai, dan bisa belajar hal baru yang bermanfaat,” kata Solikhin, Selasa, (24/9/2024).

Menurut Solikhin, keberadaan lansia tentu membutuhkan wadah untuk mencari informasi mengenai dunia luar. Menurut dia, belajar tidak ada batasan waktunya.

“Tidak ada kata terlambat untuk belajar,” ucap Solikhin.

Dalam agenda peresmian Sekolah Lansia Matahari, juga dilakukan bimbingan teknis bagi staf pengajar, kader, dan siswa-siswi. Pemberian materi, disampaikan langsung oleh Purna Tugas, Pegawai BKKBN, Sumiatti Karatte.

“Lansia memiliki peran sangat penting bagi keluarga, mereka bukan beban bagi keluarga,” sebut Sumiatti.

Sumiatti menjelaskan, bagi keluarga dari lansia, bila digali mendalam merupakan sumber ilmu pengetahuan. Lansia akan menjelaskan pengalamanya jika ditanya secara langsung mengenai kehidupan masa lalunya.

“Sekolah lansia dibentuk tujuannya untuk menggali itu semua, pengalaman berharga dari lansia,” jelas Sumiatti.

Dalam agenda itu, Sumiatti menjelaskan peserta Bimtek bukan hanya diberikan pengetahuan mengenai pengelolaan Sekolah Lansia. Pengajaran psikologi untuk mendekati lansia juga dilakukan.

“Bukan hanya teknis, ilmu pengetahuan terkait pendekatan kepada lansia juga diberikan,” kata Sumiatti.

Lebih lanjut, Sumiatti menjelaskan terkait dengan metode yang diberikan nantinya kan menitik beratkan inklusifitas, dan dialog. Sehingga lansia nantinya, tidak hanya diam.

“Lansia nantinya kita akan beri kesempatan untuk belajar, sekaligus bertukar pengalamannya,” beber Sumiatti.

Dengan metode itu, Sumiatti yakin kalau jalannya pembelajaran nanti akan menyenangkan. Lansia yang ikut kegiatan di Sekolah Lansia Matahari kelak tidak akan bosan.

“Lansia nanti akan merasakan kenyamanan dan semangat untuk terus belajar,” ucap Sumiatti.

Peresmian Sekolah Lansia Matahari di Desa Garanta ditutup dengan sesi foto bersama. Nampak terlihat kehangatan dari peserta, dan seluruh pendidik yang akan mendampingi lansia belajar nantinya.

“Kita lakukan sesi foto bersama nanti juga akan dilakukan untuk menambah kedekatan dari masing-masing siswa yang terdiri dari lansia itu,” pungkas Sumiatti.

Penulis: Fuji
Editor : Aziz

Exit mobile version