Site icon Kolom Desa

Demi Kesejahteraan Masyarakat, Seluruh Pemdes Diminta Maksimalkan Potensi Wilayah

Bupati Badung, Bali I Nyoman Giri Prasta menyampaikan arahan saat rakor dengan jajaran pemerintah desa se-kabupaten badung. Sumber foto : Antara

Bupati Badung, Bali I Nyoman Giri Prasta menyampaikan arahan saat rakor dengan jajaran pemerintah desa se-kabupaten badung. Sumber foto : Antara

kolomdesa.com, Badung – Bupati Badung, Bali I Nyoman Giri Prasta meminta Pemerintah Desa se-Kabupaten Badung untuk maksimalkan potensi wilayahnya.

Hal itu untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dan mensejahterakan masyarakat secara umum.

“Kami mendorong agar setiap desa di badung dapat memaksimalkan potensi sumber daya yang ada, mengembangkan inovasi desa, dan selalu berpihak pada kepentingan rakyat,” Ujar Bupati Giri Prasta saat rapat koordinasi Pemerintah Desa di Mangupura, Senin (23/9/2024)

Kata Giri Desa salah satu ujung tombak pembangunan, karna itu sinergi antara Pemerintah Desa dengan Pemerintah Kabupaten sangat krusial untuk mempercepat pencapaian visi pembangunan Kabupaten Badung.

Maka menurut dia kolaborasi yang solid harus diperkuat antara pemerintah daerah dengan pemerintah desa, untuk mendorong pembangunan seperti percepatan infrastruktur, pengelolaan desa, serta pengembangan potensi ekonomi lokah melalui sektor pariwisata dan pertanian.

“Oleh karena itu kami berkomitmen untuk terus mendukung program0program desa termasuk melalui alokasi dana yang transparan dan tepat sasaran,” Kata dia.

Sekitar 1.630 peserta mengikuti kegiatan, salah satunya Kepala Desa, BPD, Perangkat Desa dan unsur staf desa, Bupati Giri juga memberikan perhatian mengenai pengelolaah data desa, pembangunan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), PDAM serta penanganan kemacetan.

“Kedepannya BUMDes harus bisa berinovasi dalam pengelolaan dengan bekerja sama antar BUMDes yang ada di Kabupaten Badung hingga kabupaten lain,” ujar dia.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Badung Komang Budhi Argana telah mengimolementasikan kegiatan yang mendukung program Bupati dalam membangun desa, maka dukungan itu diberikan melalui dana desa yang pada tahun ini ditetapkan pagu untuk 46 desa sebesar Rp46,8 miliar dengan peruntukan, BLT DD, KPM Ketahanan Pangan, Dana Operasional Pemerintah Desa.

“Selain itu ada program prioritas lainnya seperti Bantuan Permodalan BUMDes, Kesehatan, Pariwisata Skala Desa serta program-program atau kegiatan lainnya,” pungkas Komang Budhi Argawa.

Penulis : Fais
Editor : Danu

Exit mobile version