Site icon Kolom Desa

Masyarakat di Bintan Ikuti Bimtek Pegiat Desa

Bupati Bintan saat menutup kegiatan Bimtek Pegiat Desa di Bintan. Sumber: Istimewa

Bupati Bintan saat menutup kegiatan Bimtek Pegiat Desa di Bintan. Sumber: Istimewa

Kolomdesa.com, Bintan – Masyarakat desa di Kabupaten Bintan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) yang fokus pada penguatan partisipasi pegiat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pegiat desa dalam upaya pembangunan dan pemberdayaan di desa.

Bupati Bintan mengungkapkan rasa terima kasih kepada semua yang telah berkontribusi dalam acara ini. Ia menekankan bahwa hasil dari Bimtek harus mendorong peserta untuk lebih aktif di komunitas mereka.

“Pegiat Desa memiliki peran utama sebagai penggerak partisipasi masyarakat dalam berbagai aspek pembangunan. Kerjasama dengan masyarakat sangat diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut,” kata Roby, Sabtu, (21/9/2024).

Ia menjelaskan, bahwa pentingnya peran desa dalam konteks pembangunan nasional, sebagai sumber daya alam dan pusat ekonomi. Roby menambahkan penggiat desa harus berperan sebagai inisiator dan pemimpin dalam pembangunan yang berkelanjutan.

“Penggiat desa juga harus berfungsi sebagai agen yang menginformasikan program-program unggulan dari pemerintah daerah,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ketua Pelaksana, Munawir menjelaskan bahwa Bimtek tersebut merupakan bagian dari Program Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut diadakan untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Kabupaten Bintan, yang diikuti oleh 480 peserta. Program ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta. Dalam rangka agar dapat berkontribusi aktif dalam pengembangan di desa masing-masing.

“Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi terus berusaha meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam pembangunan melalui berbagai kegiatan, termasuk Bimtek ini,” tutupnya.

Penulis: Wafi
Editor: Aziz

Exit mobile version