Desa Salenrang Kini Miliki Infrastruktur Air Bersih

Peresmian bangunan penampungan sarana air bersih yang dilakukan oleh Bupati Maros, Andi Syafril Chaidir. Sumber: makassar.tribunnews.com.
Peresmian bangunan penampungan sarana air bersih yang dilakukan oleh Bupati Maros, Andi Syafril Chaidir. Sumber: makassar.tribunnews.com.

Kolomdesa.com, Maros – Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros saat ini memiliki infrastruktur air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga. Bantuan berupa bangunan tersebut merupakan program dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).

“Pembangunan Saluran Instalasi air bersih ini merupakan program TJSL,” ucap Senior Manager Keuangan Komunikasi dan Umum, PLN UIP3B Sulawesi, Hery Subagyo, Minggu (22/9/2024).

Menurut Hery, instalasi sumber air bersih yang dibangun di Desa Salenrang tidak begitu besar. Namun, dengan adanya sumber air ini dapat digunakan dengan baik oleh warga.

“Kapasitas yang instalasi yang dibangun di Desa Salenrang sebesar 21.400 liter,” jelas Hery.

Hery bersyukur, pembangunan instalasi saluran air bersih di Desa Salenrang dapat diselesaikan. Menurutnya, ini merupakan kerja bersama dari semua pihak, bukan hanya perusahaannya.

“Saya terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh semua pihak, Internal PLN, Bupati Maros, Kepala Dinas PMD Maros, dan Anggota DPRD Kabupaten Maros, Camat Bontoa, Kepala Desa Salenrang, dan Mitra Zakat PLN,” sebut Hery.

Bukan hanya itu, Hery juga mengucapkan terima kasih kepada warga Desa Salenrang yang juga terlibat dalam proses pembangunannya. Menurutnya, tanpa campur tangan warga, pembangunan akan terasa berat, dan sulit tercapai.

“Tidak lupa kepada warga sekitar yang berperan aktif, sehingga pekerjaan terasa ringan dan selesai dengan baik,” ungkap Hery.

Hery mengatakan, dengan diresmikanya bangunan instalasi air bersih di Desa Salenrang dapat bermanfaat untuk warga. Dirinya berharap, warga yang menggunakan fasilitas itu dapat menjaganya dengan baik.

“Iya biar terjaga hingga berpuluh-puluh tahun kedepan,” jelas Hary.

Sementara itu, Bupati Maros Andi Syafril Chaidir mengatakan program TJSL yang dilaksanakan oleh PLN sangatlah bagus. Menurutnya, program ini sangat membantu warga, terutama pemenuhan kebutuhan air bersih.

“Program ini kebermanfaatan yang tampak, salah satunya kebutuhan dasar warga di Desa Salenrang terkait air bersih saat ini sudah tidak sulit lagi,” beber Syafril.

Menurut Syafril, berkat bantuan yang diberikan oleh PLN. 300 sampai 400 Kepala Keluarga (KK) nantinya akan tercover kebutuhan air bersihnya.

“Setara 2000 orang di Desa Salenrang akan merasakan air bersih dengan mudah,” sambung Sjafril.

Lebih lanjut, Kepala Desa Salenrang, Jidong bersyukur atas pemberian bantuan sarana air bersih yang diberikan oleh PLN. Menurut Jidong, sebelum adanya penampungan ini warga sangat kesulitan mendapat air bersih dengan mudah.

“Kami sangat bersyukur sekali, saat ini kesulitan air bersih dapat diatasi dengan adanya pembangunan fasilitas penampungan air bersih,” jelas Jidong.

Jidong menjelaskan, agar pengambilan air bersih di penampungan nanti berjalan tertib. Dirinya akan membentuk tim sebagai pihak yang akan mengatur pembagian air bersihnya.

“Saya dan jajaran Pemdes Salenrang akan mengatur proses distribusi air bersih ke warga, tujuannya agar manfaat dapat dirasakan merata,” tutur Jidong.

Jidong, berjanji setelah peresmian ini berlangsung. Warga desa akan langsung memanfaatkan fasilitas yang sudah dibangun. Kedepan, fasilitas penampungan air itu, menurut Jidong akan terus dijaga agar dapat berfungsi durasi lama.

“Kami memiliki komitmen untuk menjaga aset ini, agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Tags: PLN, Air Bersih, Kolomdesa

Peresmian bangunan penampungan sarana air bersih yang dilakukan oleh Bupati Maros, Andi Syafril Chaidir. Sumber: makassar.tribunnews.com/

Penulis: Fuji
Editor: Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *