Site icon Kolom Desa

Kampung Dayun Masuk Final Lomba Desa Tingkat Nasional

Penghulu Kampung Dayun Nasya Nugrik bersama tim saat mengikuti Lomba Desa/Kelurahan Berprestasi Tingkat Nasional di Kemendagri. Sumber: Istimewa

Penghulu Kampung Dayun Nasya Nugrik bersama tim saat mengikuti Lomba Desa/Kelurahan Berprestasi Tingkat Nasional di Kemendagri. Sumber: Istimewa

Kolomdesa.com, Siak – Kampung (Desa) Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Provinsi Riau menjadi finalis Lomba Desa dan Kelurahan Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2024. Kegiatan tersebut diadakan oleh Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri.

Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman mengatakan Kampung Dayun akan bersaing ketat dengan Desa Bumi Daya, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung dalam pemaparan tahap akhir untuk menentukan juara lomba itu.

“Saya sangat senang atas prestasi yang diraih Kampung Dayun. Ini adalah hasil dari kerja keras seluruh pihak, mulai dari provinsi, kabupaten/kota hingga seluruh lapisan masyarakat,” ujar Arfan Usman, Kamis (19/9/2024).

Ia menjelaskan, bahwa Kampung Dayun dikenal dengan inovasi menjadikan embung kebakaran hutan dan lahan menjadi lokasi wisata. Destinasi yang dinamakan Embung Terpadu Dayun tersebut, memberikan pendapatan bagi kampung dengan sejumlah atraksi wisata.

Kampung Dayun telah mengungguli Nagari (Desa) Tanjung Haru Sikabu-Kabu Padang Panjang, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.

“Prestasi yang ditoreh diharapkan membawa dampak positif bagi pengembangan potensi kampung dan penguatan pembangunan di wilayah Kabupaten Siak” harapnya.

Penulis: Wafi
Editor: Aziz

Exit mobile version