Site icon Kolom Desa

Desa Long Pala Bakal Optimalkan Bantuan dari Pemkab

Pengerjaan jalan dari Long Top menuju Long Sule menggunakan alat berat kecamatan dari Long Pipa Kecamatan Kayan Hilir, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara.

Pengerjaan jalan dari Long Top menuju Long Sule menggunakan alat berat kecamatan dari Long Pipa Kecamatan Kayan Hilir, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara. Sumber: Tribunkaltara.

Kolomdesa.com, Malinau – Kondisi infrastruktur jalan Desa Long Pala, Kecamatan Kayan Hilir, Kabupaten Malinau cukup ekstrem. Sehingga, desa ini menjadi salah satu prioritas pembangunan infrastruktur oleh pemerintah kabupaten.

Bupati Malinau berharap, bantuan pemkab dioptimalkan dengan baik, agar desa-desa setempat terluar dapat menikmati fasilitas yang layak.

“Untuk membantu persoalan-persoalan yang terjadi terhadap masyarakat kita di pedalaman dan perbatasan, dibutuhkan terobosan kebijakan untuk membuka keterisolasian,” unkap Bupati Malinau, Wempi W Mawa, Kamis (19/09/2024).

Wempi mengatakan ada dua terobosan yang telah dilaksanakan untuk meningkatkan infrastruktur. Terutama akses ke wilayah pedalaman perbatasan.

“Pertama, pengadaan alat berat yang peruntukannya dikhususkan mengatasi akses darat yang belum dapat dijangkau atau membutuhkan perawatan,”

Ia menjelaskan dengan berkaca dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, kerusakan jalan, terputusnya akses karena bencana tanah longsor hingga perawatan jalan membutuhkan waktu yang tak sebentar. Sehingga alat berat yang ditempatkan di tiap kecamatan dinilai lebih efisien dari segi biaya dan efektivitas waktu.

“Kedua, subsidi moda transportasi untuk udara dan sungai, karena tak semua wilayah bisa dijangkau lewat akses darat, program subsidi ongkos angkut hadir sebagai solusi,” tutupnya.

Penulis : Devi arp
Editor : Danu

Exit mobile version