Site icon Kolom Desa

Pemdes Undaan Kidul Siapkan Sejumlah Destinasi Wisata Baru

Pemdes Undaan Kidul sedang menunjukkan lokasi yang akan dijadikan sebagai wisata pemancingan belum lama ini. Sumber : Dyah Nurmaya Sari/JogloJateng

Pemdes Undaan Kidul sedang menunjukkan lokasi yang akan dijadikan sebagai wisata pemancingan belum lama ini. Sumber : Dyah Nurmaya Sari/JogloJateng

Kolomdesa.com, Kudus – Pemerintah Desa Undaan Kidul, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, tengah merencanakan pengembangan desa wisata baru yang berpotensi menarik wisatawan.

Destinasi wisata baru tersebut memiliki beragam daya tarik, di antaranya, wisata kuliner, wahana air, dan kolam pemancingan.

“Salah satu rencana kami adalah revitalisasi wisata pemancingan. Di sebelah timur pasar desa, terdapat bekas sungai yang tidak terpakai. Kami berharap bisa memanfaatkannya sebagai pusat pemancingan atau kolam mini,” jelas Plt Kepala Desa Undaan Kidul, Mamfu Handogo. Selasa (17/9/2024).

Mamfu menjelaskan bahwa salah satu fokus pengembangan adalah revitalisasi wisata pemancingan. Lahan tersebut dimiliki oleh PSDA (Pengelolaan Sumber Daya Air). Jika diizinkan untuk dikelola, dirinya menyebutkan, hal itu bisa memberikan manfaat lebih besar jika dibandingkan tidak dimanfaatkan.

Lebih lanjut, program ini juga akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang saat ini tengah dalam proses revitalisasi BUMDes. Ia berharap BUMDes dapat dikelola dengan baik, sehingga program ini bisa berkembang di masa depan.

“Tahun 2024, kami baru akan memulai penyertaan modal dan pelaksanaan kegiatan pertama BUMDes,” bebernya.

Sementara itu, untuk tahap awal, BUMDes Desa Undaan Kidul akan fokus pada beberapa sektor ekonomi, termasuk catering, pemancingan, dan pertanian saprodi. Mamfu berharap pengembangan BUMDes ini bisa membantu memajukan ekonomi desa sekaligus menarik wisatawan lokal.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Danu

Exit mobile version