Kolom Desa

Dari Ide Sederhana ke Destinasi Favorit: Transformasi Taman Wisata Genilangit

Taman Wisata Genilangit, Sumber: Instagram tamanwisatagenilangit

Kolomdesa.com, Magetan – Taman Wisata Genilangit yang terletak di kaki Gunung Lawu, menjadi salah satu rekomandasi tempat untuk berlibur bersama pasangan dan keluarga. Udara yang segar dan pemandangan hamparan pohon pinus, menciptakan suasana tenang dan asri menjadikannya tempat untuk rehat dari rutinitas sehari-hari.

Taman Wisata Genilangit berada di Desa Genilangit, Kecamatan Pancol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Wisata ini digagas oleh pemuda Karangtaruna Giri Putra Bakti.

Joko, salah satu pendiri Wisata Genilangit menjelaskan, awal mula munculnya ide mendirikan wisata tersebut ketika dirinya bersama teman-temannya melakukan aktivitas kumpul bulanan. Ia dan teman-temannya memiliki ide untuk membuat cafe di hutan pinus milik perhutani yang ada di desanya.

”Awal mulanya muncul ide seperti itu ketika saya dan teman-teman melakukan kegiatan kumpulan rutin bulanan,” katanya kepada kolomdesa, Kamis (12/9/2024).

Pada tahun 2015, Joko dan teman-temannya memulai usaha kafe kecil-kecilan dengan meja dan kursi sederhana yang didanai secara swadaya, sebesar Rp10.000. Kemudian, pada tahun 2017, jumlah pengunjung yang semakin meningkat membuat mereka mendapat pemasukan hingga ratusan juta rupiah.

”Di 2015 kita baru memulai dengan modal iuran anak-anak Rp10.000. Alhamdulillah di 2017 pengunjung mulai ramai dan kita mengajukan kontrak bagi hasil dengan Perhutani,” terangnya.

Selain memiliki keindahan alam yang memanjakan mata, Wisata Genilangit juga memiliki spot foto instragramable   yang dapat dipakai oleh pengunjung. Tak hanya itu saja, wisata Genilangit juga memiliki tempat bermain bersama keluarga.

Dari Ide Sederhana ke Destinasi Favorit: Transformasi Taman Wisata Genilangit
Spot foto Taman Wisata Genilangit, Sumber: Instagram tamanwisatagenilangit

Rekomendasi Spot Foto Taman Wisata Genilangit

Taman Wisata Genilangit memiliki beberapa spot foto yang layak dikunjungi dan dicoba oleh setiap pengunjung. Pertama, ada spot foto sakura, pengunjung dapat berfoto menggunakan baju tradisional Jepang lengkap dengan properti pendukung seperti payung dan pedang.

Untuk mencoba spot foto sakura, pengunjung hanya dikenakan tarif Rp15.000. Kedua, ada ayunan yang berada di pinggir tebing. Untuk mencoba spot foto tersebut, pengunjung hanya dikenakan tarif Rp15.000  

Ketiga, ada spot foto sepeda gantung di atas tebing. Jika ingin mencoba spot foto tersebut, pengunjung juga dikenakan tarif Rp15.000. Tarif ketiga wahana tersebut sudah termasuk fotografernya.

”Untuk spot foto seperti sepeda gantung, ayunan, dan sakura kita hargain Rp15.000. Itu sudah termasuk fotografernya dan sewa kostum,” ujarnya.

Permainan flying fox Taman Wisata Genilangit, Sumber: Instagram tamanwisatagenilangit

Wahana Taman Wisata Genilangit 

Tak hanya memiliki keindahan alam dan spot foto, Wisata Genilangit juga memiliki beberapa wahana yang dapat dinikmati oleh pengunjung. 

Pertama, kolam renang, pengunjung yang datang bersama keluarga wajib mencoba wahana kolam renang yang ada di wisata Genilangit. Untuk tarifnya, pengunjung dikenakan biaya tiket Rp10.000 per orang.

Kedua, flying fox, permainan satu ini menawarkan sensasi meluncur dari ketinggian sambil menikmati pemandangan alam sekitar. Untuk mencoba permainan ini, pengunjung dikenakan tarif Rp10.000 per orang, permainan ini juga aman untuk anak-anak karena diawasi oleh guide yang  profesional.

Ketiga, bermain ATV, Untuk aktivitas ATV, pengunjung dapat menyewa ATV dengan harga Rp15.000 per unit. Dengan ATV, pengunjung dapat menjelajahi area sekitar Wisata Genilangit sambil menikmati pemandangan indah dari pohon pinus.

Di Wisata Genilangit, pengunjung juga dapat menikmati wahana berkuda, tarif untuk berkuda adalah Rp 40.000. Aktivitas berkuda akan dipandu oleh staf yang berpengalaman. 

Oubond di Taman Wisata Genilangit, Sumber: Instagram tamanwisatagenilangit

Camp dan Outbond Taman Wisata Genilangit

Bagi wisatawan yang ingin melakukan camping, Taman Wisata Genilangit juga menyediakan tempat camping dan peralatan lengkapnya. Untuk paket camping sendiri, wisatawan dikenakan tarif Rp 50.000 per pack.

Dalam satu pack, wisatawan sudah mendapatkan tenda dome kapasitas 4 orang, matras, lampu tenda, sleeping bag, lampu utama, tiket masuk, parkir dan sound.

“Kita juga menyediakan tempat bagi wisatawan yang ingin melakukan camping di wisata genilangit,” katanya.

Tak hanya camping, Taman Wisata Genilangit juga menyediakan tempat outbond bagi pengunjung. Untuk tarifnya, wisatawan dikenakan biaya Rp65.000 per orang.

Dengan harga tersebut, wisatawan sudah mendapatkan tiket masuk, parkir, sound, aula, lapangan, game, flying fox, kolam renang, snack, dan juga free foto/video. Untuk outbond memiliki 2 ketegori: outbond kids dan game outbond.

Jam Operasional, Harga Tiket dan Rute Menuju Taman Wisata Genilangit

Taman Wisata Genilangit buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Untuk informasi lebih lanjut, pengunjung dapat menghubungi pihak pengelola melalui Instagram @tamanwisatagenilangit atau nomor WhatsApp 082229164492.

Tiket masuk ke Taman Wisata Genilangit dikenakan biaya Rp10.000. Untuk parkir, dikenakan tarif Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk kendaraan roda empat.

”Tiket masuk wisata Rp10.000, terus ada biaya parkir. Parkir kendaraan roda dua Rp 5000 dan roda 4 Rp 10.000,” sambungnya.

Taman Wisata Genilangit berada di Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Jika wisatawan berkendara dari luar kota, maka harus masuk ke kota Magetan terlebih dahulu.

Dari Alun-alun Kota Magetan, lurus menuju ke Jalan Raya Sarangan sampai Jalan Gonggang – Karangudi. Kemudian bertolak ke Jalan Babar Poncol,  hingga menjumpai Balai Desa Genilangit.

Lokasi Taman Wisata Genilangit tak jauh dari Balai Desa, hanyak berjarak 2,5 kilometer dengan waktu tempuh 6 menit saja. Dan bisa diakses menggunakan kendaraan roda 2 dan 4.

Trafik Pengunjung dan Omzet Taman Wisata Genilangit

Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah pengunjung dan omzet Taman Wisata Genilangit dalam dua tahun terakhir belum menunjukkan peningkatan signifikan pasca Pandemi Covid-19. Dibandingkan dengan periode sebelumnya, pada tahun 2017, omzet Taman Wisata Genilangit mencapai miliaran rupiah.

”Pada tahun 2017 sebelum covid-19, omzet disini mencapai miliaran, namun pasca covid tiap tahunnya belum pernah menyentuh miliaran,” jelasnya.

Pada tahun 2022, omzet Taman Wisata Genilangit mencapai Rp 900 juta, dengan total pengunjung kisaran 12.000 orang.

Sedangkan pada tahun 2023, omzet Taman Wisata Genilangit berada dikisaran Rp 930 jutaan, dengan total pengunjung 12.400 orang.

Penulis: Hafidus Syamsi

Exit mobile version