Site icon Kolom Desa

Lima Hektar Lahan Pertanian di Desa Labasari Hangus Terbakar

Kebakaran lahan pertanian di Banjar Dinas Peselatan, Desa Labasari, Kecamatan Abang, Karangasem. Sumber: Balitribune

Kebakaran lahan pertanian di Banjar Dinas Peselatan, Desa Labasari, Kecamatan Abang, Karangasem. Sumber: Balitribune

Kolomdesa.com, Karangasem – Kebakaran yang terjadi di Banjar Dinas Peselatan, Desa Labasari, Kecamatan Abang, Karangasem, sudah menghabiskan tiga ekor sapi milik warga atau petani setempat hingga nyaris terpanggang. Selain itu, Perbekel Labasari, I Gede Nyoman Griya saat di lokasi kebakaran menyebutkan, luasan lahan pertanian warga yang terbakar mencapai hampir lima hektar.

“Sekitar pukul 12.30 Wita tadi saya ditelpun oleh Kadus Peselatan, katanya ada kebakaran lahan dan api dikhawatirkan mendekat ke Pura Bulakan karena anginnya sangat kencang sekali,” ungkapnya, Rabu (4/9/2024).

Berdasarkan informasi terjadinya kejadian kebakaran lahan tersebut, pertama kali api di ketahui dimana saat itu warga melihat asap mengebul dan api mulai membakar lahan terus hingga merembet dan meluas akibat tiupan angin kencang yang terjadi di lokasi. Dalam hitungan menit, api kebakaran telah melalap habis hampir satu hektar lahan. Saat itu warga melihat ada tiga ekor sapi yang terikat di salah satu pohon di lokasi titik api kebakaran.

Saat warga melihat langsung berusaha menyelamatkan sapi yang hampir terbakar di lokasi kebakaran lahan tersebut.

Sementara api semakin meluas dan mendekati gubuk dan kendang sapi petani. Dan hasilnya gubuk tempat penyimpanan pakan ternak sapi petani terlalap api dan langsung hangus terbakar dalam hitungan menit.

Tidak hanya itu, api yang makin berkobar juga melalap habis tanaman singkong petani yang sudah menunggu panen.

Saat mendapatkan informasi tersebut, dirinya pun langsung menuju ke lokasi, dan saat tiba di lokasi kebakaran dirinya melihat api sudah membesar dan dengan cepat merembet melalap habis kebun singkong warga.

Kemudian Gede Nyoman langsung mengumpulkan warga di dusun tersebut untuk bersama-sama melakukan penanganan atau pemadaman api secara manual untuk mencegah api terus yang meluas mendekati kearah pura, dengan menepuk api menggunakan ranting basah. Sementara beberapa saat kemudian satu unit mobil Pemadam Kebakaran milik Dinas Damkartan Karangasem tiba di lokasi kebakaran dan petugas pemadam pun berjibaku memadamkan api kebakaran.

“Hari ini terjadi dua kebakran lahan di dua lokasi berbeda. Laporan pertama kami terima terjadi kebakaran lahan di Banjar Dinas Penginyahan, Desa Tianyar, Kecamatan Kubu dan yang kedua kami menerima laporan kebakaran yang terjadi di Banjar Dinas Peselatan, Desa Labasari, Kecamatan Abang,” sebutnya.

Dan akhirnya kebakaran di dua lokasi tersebut sudah berhasil dilokalisir dan dilakukan pendinginan.

Penulis : Fais
Editor : Danu

Exit mobile version