Jaga Kerukunan di Desa, Pemdes Sooko Gandeng Gusdurian Mojokerto

KOLABORATIF: Pemdes bersama Komunitas Gusdurian Mojokerto merapatkan barisan untuk mewujudkan Sooko Desa Damai. Sumber : farisma/jprm
KOLABORATIF: Pemdes bersama Komunitas Gusdurian Mojokerto merapatkan barisan untuk mewujudkan Sooko Desa Damai. Sumber : farisma/jprm

Kolomdesa.com, Moojokerto – Pemerintah Desa (Pemdes) Sooko, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, bekerja sama dengan pegiat Gusdurian Mojokerto untuk menggerakkan masyarakat dari berbagai etnis melalui kegiatan produktif.

Kolaborasi ini bertujuan menciptakan rasa aman dan rukun di tengah keragaman agama dan budaya di Desa Sooko.

’’Latar belakangnya karena Sooko ini kan multietnis, semua agama dan golongan ada. Sehingga harus upaya untuk bersama-sama menciptakan rasa aman dan damai. Salah satunya dengan saling membantu untuk meningkatkan SDM lewat gagasan Sooko Rumah Bersama,’’ ungkap Kades Sooko, Heppy Iswahyudi. Rabu (4/9/2024).

Heppy menjelaskan, berbagai kegiatan produktif digelar untuk memperkuat kualitas sumber daya manusia (SDM) desa, yang diharapkan dapat mendukung penguatan ekonomi masyarakat.

Salah satu inisiatif yang diadakan adalah pelatihan konten kreator, melibatkan para pelaku usaha kreatif seperti pembuat sandal, sepatu, songkok, dan bordir.

Selain itu, Pemdes Sooko dan Gusdurian juga mendirikan rumah belajar yang difungsikan sebagai bimbingan belajar (bimbel) gratis untuk anak-anak usia sekolah di seluruh Desa Sooko.

Program lain, seperti pengelolaan bank sampah, diharapkan dapat memberikan penghasilan tambahan bagi warga desa.

Dengan beragam etnis, agama, dan karakter masyarakat Desa Sooko, kolaborasi ini bertujuan menciptakan keharmonisan sosial.

Senada, koordinator Gusdurian Mojokerto, M. Kholilulloh, menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen menjadikan Desa Sooko sebagai kawasan percontohan perdamaian di Mojokerto.

Dengan meleburkan seluruh warga masyarakat dalam membangun SDM manusia yang tangguh, kreatif, dan produktif. Sehingga kedepan dapat terwujud kekuatan ekonomi yang dapat mensejahterakan masyarakat Desa Sooko.

’’Kami isi dengan kegiatan produktif mulai dari kalangan anak-anak, pemuda, dewasa, ibu-ibu, hingga lansia. Rata-rata masyarakat Desa Sooko sudah kreatif, tinggal mengharmonikan secara bersama-sama,’’ pungkasnya.

Melalui kerja sama ini, Pemdes Sooko dan Gusdurian berharap dapat membangun masyarakat yang tangguh, kreatif, dan produktif, serta mewujudkan kekuatan ekonomi yang mampu meningkatkan kesejahteraan seluruh warga desa.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *