Site icon Kolom Desa

Semparu Jadi Desa Cantik, Bakal Mandiri Kelola Data Warga

Desa Semparu Kecamatan Kopang dicanangkan sebagai Desa Cantik oleh BPS NTB. Sumber: istimewa

Desa Semparu Kecamatan Kopang dicanangkan sebagai Desa Cantik oleh BPS NTB. Sumber: istimewa

Kolomdesa.com, Lombok Tengah – Badan Pusat Statistik (BPS) NTB menetapkan Desa Semparu, Kecamatan Kopang, Lombok Tengah sebagai desa cinta statistik (Desa Cantik) tahun 2024.

Melalui program ini, Desa Semparu berkesempatan untuk mendapat pengawalan dan pembinaan dari BPS NTB dalam mengelola serta menyajikan berbagai data statistik. Dengan begitu Desa Semparu bisa secara mandiri mengelola data-data statistik warga yang ada di desanya.

Pencanangan dilakukan langsung Kepala BPS NTB Wahyudin, bersama Asisten II Setda Loteng, Lendek Jayadi, di gedung serba guna Desa Semparu, Selasa, (3/9/2024).

“Melalui program Desa Cantik ini, Desa Semparu akan kita bina dan kawal. Supaya kedepan bisa mengelola data-data statistik sesuai standar yang ada,” kata Wahyudin.

Maka jika ada kebutuhan data untuk program, data statistik yang dimilik Desa Semparu bisa seragam dengan data-data di kementerian lembaga di tingkat pusat, sehingga akan memudahkan bagi kementerian atau lembaga di tingkat pusat untuk mengakses data-data statistik yang dimiliki Desa Semparu.

“Bagi pemerintah desa sendiri ketersediaan data statistik desa itu juga akan sangat membantu. Dalam penyusunan program pembangunan atau yang lainnya. Karena data yang tersedia sudah disusun sesuai standar statistik yang ada. Dengan kata lain, validasi data tersebut bisa dipertanggungjawabkan,” terang Wahyudin.

melalui aplikasi yang ada di kementerian, setidaknya Data-data statistik milik Desa Semparu nantinya akan terhubung langsung dengan delapan kementerian. Di antaranya Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Keuangan dan beberapa kementerian lainnya.

“Poinnya, program Desa Cantik ini bagaimana membina dan mendorong desa untuk memiliki data yang berkualitas. Sesuai dengan standar statistik yang ada,” imbuhnya.

Menurut Wahyudin, semua data yang berkualitas sangat menentukan sukses tidaknya jalanya pembangunan di suatu wilayah. tidak terkecuali di tingkat desa. Dan, nantinya secara nasional itu akan dilombakan untuk menentukan Desa Cantik terbaik secara nasional.

Maka terpilihlah Desa Semparu sebaga Desa Cantik bukan tanpa alasan. Selain soal kesiapan pemerintah desa, Desa Semparu juga memiliki keunggulan tersendiri. Yakni dalam pengelolaan sampah. Bahkan, Desa Semparu bisa masuk lomba desa tingkat nasional berkat kesuksesnya dalam mengelola sampah.

“Data-data terkait penanganan sampah bisa juga masuk dalam program Desa Cantik ini. Dan, bisa menjadi refrensi kedepan. Baik itu bagi Desa Semparu maupun desa-desa lainya,” pungkasnya.

Kepala Desa Semparu Ratmaji Hijrat menyampaikan, penetapan Desa Semparu sebagai Desa Cantik disambut baik olehnya. Menurutnya, persoalan ketersediaan data sejauh ini masih menjadi persoalan oleh sebagian besar desa-desa di daerah ini, tidak terkecuali Desa Semparu. Melalui program tersebut ke depan Desa Semparu bisa memiliki data statistik yang berkualitas, sehingga bisa memberikan manfaat luas dalam mendukung proses pembangunan di Desa Semparu.

Penulis : Fais
Editor : Danu

Exit mobile version