Site icon Kolom Desa

Jaga Kebersihan Lingkungan, Pemdes Tunggorono Gunakan DD Bangun TPS

Kaur Perencanaan Desa Tunggorono Jombang Hendri Yulianto saat menunjukkan lokasi pembangunan tempat pembuangan sampah di Dusun Dayu. Sumber : Dwi Aris S/Radar Jombang

Kaur Perencanaan Desa Tunggorono Jombang Hendri Yulianto saat menunjukkan lokasi pembangunan tempat pembuangan sampah di Dusun Dayu. Sumber : Dwi Aris S/Radar Jombang

Kolomdesa.com, Jombang – Pemerintah Desa (Pemdes) Tunggorono, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, tengah membangun tempat pembuangan sampah (TPS) di Dusun Dayu sebagai upaya memelihara kebersihan lingkungan sekitar.

Proyek ini merupakan salah satu pemanfaatan Dana Desa (DD) dan menjadi deretan prioritas utama dalam pembangunan infrastruktur desa.

”TPS yang sekarang lebih luas sehingga dapat menampung lebih banyak sampah. Setiap hari ada warga yang memilah sampah untuk dijual kembali, kebetulan ada selasarnya,” kata Kepala Desa Tunggorono, Didik Dwi Mulyawan. Rabu (4/9/2024).

Didik menjelaskan bahwa TPS yang dibangun saat ini memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan sebelumnya, sehingga dapat menampung lebih banyak sampah. Selain itu, TPS ini juga dilengkapi dengan area selasar yang memungkinkan warga untuk memilah sampah yang masih bisa dijual kembali. Lanjut Didik, pembangunan tempat pembuangan sampah terletak di Dusun Dayu.

”Setiap hari diangkut oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jombang dibawa ke tempat pemrosesan akhir,” imbuhnya.

Sisa sampah yang tidak terpilah akan diambil oleh petugas dan dibawa ke tempat pemrosesan akhir (TPA) oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jombang setiap hari.

Pembangunan TPS ini dikerjakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Tunggorono. TPS tersebut menjadi prioritas utama dalam mencegah pencemaran lingkungan dan menjaga kebersihan desa. Dengan adanya TPS yang memadai dan mudah dijangkau, diharapkan sampah rumah tangga serta sampah lainnya tidak lagi berserakan di sekitar lingkungan.

“Harapannya sampah rumah tangga serta sampah lainnya tidak akan berserakan di sekitar lingkungan,” tambah Didik.

Lebih lanjut, Didik juga menekankan bahwa keberadaan TPS yang baru ini diharapkan dapat meningkatkan kebersihan dan kesehatan lingkungan di wilayah Desa Tunggorono.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Danu

Exit mobile version