Site icon Kolom Desa

Majukan UMKM, Pemdes Air Lengit Gelar Air Lengit Expo

Pembukaan kegiatan Air Lengit Expo Tahun 2024. Sumber: rri.co.id

Pembukaan kegiatan Air Lengit Expo Tahun 2024. Sumber: rri.co.id

Kolomdesa.com, Natuna – Pemerintah Desa Air Lengit, Kecamatan Bunguran Tengah, Kabupaten Natuna menggelar Air Lengit Expo. Hal ini bertujuan untuk melestarikan budaya dan memajukan UMKM yang ada di desa tersebut.

“Tentunya kegiatan ini tidak serta merta datang tiba-tiba, berdasarkan keinginan pribadi maupun individu-individu. Tapi kegiatan ini berangkat dari kondisi Desa Air Lengit di mana para pelaku UMKMnya banyak yang sudah dibina dari BPOM, yang ada leader pangannya juga sudah berjalan,” ujar Kepala Desa Air Lengit, Kuswanto, Selasa (27/8/2024).

Ia menjelaskan, kegiatan ini sudah berjalan di tahun kedua, sebelumnya di tahun 2023 juga sudah diselenggarakan. Kegiatan Air Lengit expo 2024 merupakan media bagi pelaku UMKM karena melalui expo ini bisa dijadikan sebagai media edukasi, promosi dan transaksi bagi masyarakat maupun pelaku UMKM.

“Selain itu keberadaan BUM Desa juga menjadi motivator untuk memajukan para pelaku UMKM melalui pekan expo seperti ini,” ujarnya.

Sebagai informasi bahwa pekan Air Lengit Expo ini bersaing dengan 390 desa yang ada di seluruh Indonesia. Adapun Desa Air Lengit ingin mengikuti Desa Berlian.

“Kami berharap pada para pelaku UMKM untuk terus meningkatkan produktivitasnya dan menciptakan produk-produk unggulan yang berada di Desa Air Lengit ini, seperti jahe seduh, lanting dan makananan-makanan lainnya yang siap dipromosikan ke tingkat Kabupaten Natuna atau pun di luar Kabupaten,” tutupnya.

Penulis: Wafi
Editor: Aziz

Exit mobile version