Site icon Kolom Desa

Manfaatkan DD, Pemdes Janti Bangun Saluran Drainase 232 Meter

Kepala Desa Janti Siti Mahmudah menunjukkan lokasi pembangunan drainase di Dusun Kagulan yang telah selesai dikerjakan oleh TPK Desa Janti. Sumber : Dwi Aris S/Radar Jombang

Kepala Desa Janti Siti Mahmudah menunjukkan lokasi pembangunan drainase di Dusun Kagulan yang telah selesai dikerjakan oleh TPK Desa Janti. Sumber : Dwi Aris S/Radar Jombang

Kolomdesa.com, Jombang – Pemerintah Desa (Pemdes) Janti, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, memanfaatkan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2024 untuk memitigasi terjadinya bencana banjir.

Hal itu dilakukan dengan fokus pada pengembangan saluran drainase sepanjang 232 meter di Dusun Kagulan.

“Selain fokus merealisasikan program-program perberdayaan warga, juga memprioritaskan pembangunan infrastruktur di desa. Salah satunya pembangunan saluran drainase,” kata Kepala Desa Janti Siti Mahmudah, Rabu (28/8/2024)

Mahmudah berharap pembangunan drainase oleh Pemdes Janti itu bisa mengantisipasi dampak banjir tahunan di wilayah itu.

”Tahun ini kita merealisasikan pembangunan saluran drainase di Dusun Kagulan,” terangnya.

Selain menjadi aspirasi warga, pembangunan drainase di Dusun Kagulan dirasa sangat penting guna mengatasi ancaman banjir yang kerap terjadi di lingkungan tersebut.

”Kawasan lingkungan tersebut kerap tergenang dan selalu menjadi langganan banjir, terutama saat musim penghujan,” bebernya.

Tidak hanya di wilayah Dusun Kagulan, pembangunan drainase juga akan dilaksanakan di sejumlah dusun lain. Di antaranya Dusun Janti, Dusun Kagulan dan Dusun Dukuhsari.

”Di dusun-dusun yang lain nanti juga akan kita bangun drainase,” bebernya.

Warga menyambut baik proyek ini, yang pelaksanaannya dilakukan secara swakelola oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Janti.

Saluran drainase ini tidak hanya akan membantu mengatasi banjir, tetapi juga bisa difungsikan sebagai irigasi untuk persawahan di sekitar wilayah tersebut.

”Adanya saluran drainase sangat membantu mempercepat penyusutan genangan air di wilayah tersebut,” tambahnya.

Saluran drainase di Dusun Kagulan juga dapat difungsikan sebagai irigasi wilayah persawahan. Karena menjadi penampungan air saat aliran air meluber di kawasan sekitar wilayah tersebut.

Pemdes Janti juga telah menyelesaikan beberapa proyek infrastruktur lainnya, termasuk pembangunan gedung serbaguna, jembatan, balai posyandu, dan gedung polindes, yang semuanya diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

”Kami berharap seluruh program pembangunan yang telah dilaksanakan oelh pemdes dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat,” pungkasnya.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Danu

Exit mobile version