Dorong Peningkatan Ekonomi Warga, Pemdes Kepet Tuntaskan Proyek Jalan Hotmix

Jalan Hotmix baru di Desa Kepet sukses berkat BKK APBD. Sumber : radarbangsa.co.id
Jalan Hotmix baru di Desa Kepet sukses berkat BKK APBD. Sumber : radarbangsa.co.id

Kolomdesa.com, Madiun – Pemerintah Desa (Pemdes) Kepet di Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, telah berhasil menuntaskan proyek pembangunan jalan aspal Hotmix yang didanai BKK tahun 2024 dari APBD Kabupaten Madiun.

Proyek ini secara langsung bertujuan untuk meningkatkan kualitas infrastruktur desa, sehingga mendukung pertumbuhan ekonomi warga setempat.

“Kami memilih menggunakan material aspal Hotmix untuk memastikan jalan, yang merupakan jalan utama desa, lebih tahan lama dan awet. Jika menggunakan aspal lapis (lapen), jalan tersebut akan lebih mudah rusak dan terkelupas,” kata Kepala Desa Kepet, Puji Santoso, Senin (26/8/2024).

Kepala Desa Kepet, Puji Santoso, menjelaskan bahwa pemdes Kepet telah melaksanakan pembangunan jalan aspal Hotmix di Dusun Kayang RT 10 dan RW 11 dengan anggaran mencapai Rp100.000.000 (seratus juta rupiah) termasuk pajak.

“Seluruh proses pembangunan infrastruktur di desa Kepet dikelola oleh Tim Pengelola Kegiatan (TPK), sementara tugas kepala desa adalah melakukan monitoring,” tambhanya.

Puji Santoso menambahkan bahwa pembangunan jalan ini merupakan hasil usulan warga melalui Jaring Aspirasi Masyarakat (Jasmas) yang dibahas dalam musyawarah desa.

Pembangunan dimulai pada Agustus 2024 dan kini telah selesai 100%, memberikan manfaat nyata bagi warga desa.

Proyek ini juga melibatkan masyarakat melalui program Padat Karya Tunai (PKT), yang bertujuan untuk mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan warga.

“Kami berharap pembangunan ini dapat mendukung perekonomian warga, memperlancar aktivitas mereka, dan meningkatkan mobilitas dalam berbagai bidang,” harap Puji Santoso.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Madiun yang telah menyediakan anggaran APBD melalui Jasmas DPRD, yang memungkinkan percepatan pembangunan di desa Kepet yang tidak tercover oleh Dana Desa.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk menjaga infrastruktur desa agar tetap awet dan bertahan lama.

“Kami berharap semua pihak dapat menjaga infrastruktur yang ada,” pungkasnya.

Di tempat terpisah, seorang perangkat desa menjelaskan bahwa pembangunan ini terwujud berkat dukungan dari Purwadi

“Pembangunan peningkatan jalan aspal Hotmix ini terwujud berkat Jaring Aspirasi Masyarakat (Jasmas) BKK dari Purwadi, anggota Fraksi Partai NasDem DPRD Kabupaten Madiun,” ungkapnya.

“Alhamdulillah, pembangunan ini tidak mengalami kendala cuaca, sehingga selesai tepat waktu dan sesuai mutu,” pungkasnya.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *