Site icon Kolom Desa

Sumber Mata Air di Desa Kelapa Dua Aliri Pemukiman

Keterangan: Kepala Desa Kelapa Dua, Masdar saat membantu TNI memasang Pompa Hydrant di Dusun Kelapa Dua. Sumber : parepos.fajar.co.id

Keterangan: Kepala Desa Kelapa Dua, Masdar saat membantu TNI memasang Pompa Hydrant di Dusun Kelapa Dua. Sumber : parepos.fajar.co.id

Kolomdesa.com, Polewali Mandar – Warga Desa Kelapa Dua, Kecamatan Anreapi, Kabupaten Polewali Mandar kini bahagia lantaran sumber mata air mulai mengalir ke pemukiman. Keluarnya air bersih dari sumber tersebut berkat bantuan dari Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim/1402.

“TNI hadir ditengah kesulitan warga Desa Kelapa Dua mendapatkan air bersih, dengan melakukan pengeboran menggunakan Pompa Hydrant,” tegas Anggota Satgas TMMD ke-121 Kodim 1402, Serma Zaenal, Kamis (16/08/2024).

Menurut Zaenal, pemasangan Pompa Hydrant di Desa Kelapa Dua cukup sulit. Namun, dengan bantuan warga sehingga proyek penyelesaian permasalahan air bersih ini dapat diatasi.

“Jara sumber mata air, dengan rumah-rumah warga yang jauh diatas merupakan kendala, dan terbilang ekstrem,” terangnya.

Zaenal menjelaskan, langkah pertama saat uji coba pemasangan alat Pompa Hydrant, dilakukan satu persatu. Tujuannya untuk percobaan sebelum alat untuk mengeluarkan air dari dalam tanah itu dapat dipasang semua.

“Percobaan yang dilakukan dengan memasang satu Pompa Hydrant terlebih dahulu, Alhamdulillah pemasangan di Dusun Kelapa Dua, menggembirakan,” ucap Zaenal dengan bangga.

Sementara itu, Kepala Desa Kelapa Dua, Masdar merasa senang dengan adanya sumber mata air dari Pompa Hydrant bantuan dari TNI. Menurutnya, saat ini warganya tidak lagi kesulitan air bersih.

“Sebelumnya, warga disini kesulitan air bersih lantaran tinggal berada di dataran tinggi, sedangkan sumber mata air ada jauh di bawah,” terangnya.

Menurut Masdar, dengan adanya teknologi Pompa Hydrant ini, warga tidak perlu bingung jika kehabisan air. Kendati musim sedang kemarau.

“Kalau seperti ini, meskipun kemarau nanti warga tidak akan kesulitan air bersih,” lanjut Masdar.

Masdar menambahkan selain sumber mata air yang berlimpah karena teknologi Pompa Hydrant. Warga juga lebih mudah mengambil airnya, lantaran sudah dialirkan menggunakan pipa ke tempat terdekat dari pemukiman.

“Dengan adanya pompa air, dan pipanisasi yang telah dibangun, warga sudah tidak perlu berjalan ke sumber air, kendati jalan sudah diperbaiki,” pungkasnya.

Penulis : Fuji
Editor : Aziz

Exit mobile version