Site icon Kolom Desa

Dormena Didorong Jadi Kampung Wisata Unggulan

Panorama Pantai Dormena. Sumber: Istimewa

Panorama Pantai Dormena. Sumber: Istimewa

Kolomdesa.com, Jayapura – Kampung Dormena, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura terus didorong menjadi kampung wisata unggulan. Pasalnya, kampung ini sangat terkenal dengan potensi lautan, pariwisata, dan mangga.

“Letaknya yang berada di kaki pegunungan Cycloop di sebelah utara membuatnya sangat subur, sehingga daerah ini terkenal dengan mangga goleknya yang luar biasa,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura, Ted Y Mokay, Rabu (14/8/2024).

Menurut Ted, pengelolaan objek wisata tidak harus menggunakan dana dinas yang terbatas, tetapi bisa diambil dari dana kampung. Ia menyebut dana kampung dapat digunakan sebagian untuk tata kelola pariwisata berkelanjutan

“Ini menyangkut perekonomian masyarakat, sehingga dana kampung bisa dialihkan sebagian dalam tata kelola pariwisata berkelanjutan,” ujarnya.

Dia menjelaskan potensi objek wisata di Kampung Dormena perlu ditangani secara serius sehingga menjadi potensi ekonomi bagi masyarakat. Ia berharap potensi yang dimiliki terus dikembangkan sehingga ekonomi masyarakat dapat meningkat serta kesejahteraan dapat terwujud.

“Kami berharap objek wisata di sana terus berkembang dan ekonomi masyarakat dapat meningkat serta kesejahteraan dapat terwujud,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kampung Dormena Wellem Seseray mengatakan sebagian dari dana kampung 2024 yang sebesar Rp1 miliar digunakan untuk membiayai sektor pariwisata. Dasar dari pengembangan pariwisata tersebut adalah potensi alam yang mendukung

“Kampung kami ini memiliki sejumlah panorama yang indah, sehingga perlu untuk dikembangkan,” tutupnya.

Penulis: Wahyu
Editor: Aziz

Exit mobile version