Site icon Kolom Desa

Desa Umba Meriahkan HUT RI dengan Lomba Seni dan Budaya

Musyawarah saat menjelang pelaksanaan HUT RI di Desa Umba. Sumber: kendaripos.fajar.co.id

Musyawarah saat menjelang pelaksanaan HUT RI di Desa Umba. Sumber: kendaripos.fajar.co.id

Kolomdesa.com, Muna Barat – Desa Umba, Kecamatan Napano Kusambi, Kabupaten Muna Barat memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) dengan menyelenggarakan lomba seni dan budaya. Kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan sepakbola desa setempat pada Senin (12/08/2024).

Perayaan HUT ke 79 RI di Desa Umba itu dibuka oleh Dinas Pemberdayan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Muna Barat, Aswin. Dalam sambutannya, Aswin mengatakan Desa Umba merupakan contoh kecil, bahwa kegiatan yang menyenangkan dapat dilakukan di desa.

“Desa Umba berhasil mengelola desa yang notabene jauh dari tempat-tempat modern menjadi tempat untuk kegiatan yang positif,” tuturnya.

Aswin menyebut kegiatan lomba yang dilakukan bersamaan dengan HUT ke-79 RI merupakan pecut agar ingat dengan perjuangan pahlawan kemerdekaan. Menurut Aswin, beragam perlombaan merupakan implementasi semangat pahlawan yang harus terus dilanjut oleh generasi saat ini.

“Kegiatan perlombaan yang dilakukan saat HUT ke 79 RI dapat memberikan semangat peserta dan membangkitkan nasionalisme,” katanya.

Lebih lanjut, Kepala Desa Umba, La Ode Alwi juga menyebut kegiatan lomba yang dilaksanakan di desanya merupakan bentuk pelestarian budaya. Menurutnya, lomba yang dilakukan selain untuk mengisi HUT RI juga sebagai ajang mengenalkan kesenian leluhur.

“Kegiatan lomba HUT RI yang kami laksanakan selain menghargai jasa pahlawan, juga melestarikan Budaya dengan mengadakan lomba-lomba tradisional,” terang kades yang juga Ketua Asosiasi Perangkat Desa Sulawesi Selatan ini.

Alwi menyebut, lomba yang dilaksanakan di Desa Umbu merupakan inisiasi dari jajarannya. Hal inilah membuat Desa memiliki kreativitas dalam mengisi kemerdekaan secara mandiri.

“Otonomi Desa memberi keleluasaan desa lebih aktif berpartisipasi, salah satunya saat perayaan HUT RI ini,” pungkasnya.

Editor : Aziz

Exit mobile version