Site icon Kolom Desa

Puluhan Warga Desa di Muna Barat Rayakan HUT ke-79 RI

Warga Desa Sukadamai dan Mekar Jaya mengikuti Pawai Adat Budaya. Sumber : sultratop.com

Kolomdesa.com, Muna Barat – Puluhan warga dari Desa Sukadamai dan Mekar Jaya berkumpul untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI dan Muna Barat ke-10. Perayaan tersebut berlangsung di sepanjang jalan ke dua desa itu pada Sabtu (09/10/2024).

Koordinator Pawai Budaya Adat, Ahmad Ramadhan mengatakan peserta yang mengikuti pawai budaya semua menggunakan pakaian adat. Dia menyebut, pakaian adat yang digunakan oleh peserta terdiri dari berbagai daerah di Indonesia.

“Pakaian adat yang digunakan mulai dari pakaian adat Muna, baju tenun Muna, pakaian adat Bugis, Jawa, Sunda, Bali, dan lainnya,” ucap Ahmad Ramadhan yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muna Barat, Sabtu (9/8/2024).

Ahmad menyebut, penggunaan pakaian adat oleh peserta saat mengikuti pawai budaya adat itu merupakan bentuk kekayaan adat, suku, dan budaya di Indonesia. Menurutnya, keberagaman yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia hendaknya perlu dilestarikan.

“Mubar merupakan wilayah yang dihuni oleh beragam suku dan budaya, sekaligus sebagai miniatur Indonesia,” terangnya.

Melihat antusias dari penonton yang datang saat pelaksanaan pawai budaya adat tersebut, Ahmad berupaya agar kegiatan serupa akan terus dilanjut pada tahun–tahun berikutnya.

“Insya Allah kedepannya kegiatan ini akan dilanjut, terutama saat perayaan HUT RI dan Muna Barat,” jelasnya.

Kegiatan yang berlangsung megah ini diikuti oleh seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) 11 kecamatan, 81 desa, dan 5 kelurahan. Selain itu, Pj Bupati Muna Barat La Ode Butolo, dan Sekretaris Daerah Muna Barat LM Husein, Kepala OPD dan Kepala Kemenag Kabupaten Muna Barat.

Penulis : Fuji
Editor : Aziz

Exit mobile version