Site icon Kolom Desa

Enam Kampung Bersaing dalam Lomba Desa Wisata Rintisan

Mimika Smart City. Sumber: Dok. Pojok Papua

Mimika Smart City. Sumber: Dok. Pojok Papua

Kolomdesa.com, Mimika – Sebanyak 6 kampung di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah bersaing dalam lomba desa wisata rintisan tahun 2024. Desa-desa tersebut adalah Kampung Karya Kencana, Iwaka, Pigapu, Mandiri Jaya, Mulia Kencana, dan Nawaripi.

Sebelum penilaian, masing-masing perangkat desa wajib mempresentasikan potensi wisata mereka. Perwakilan desa menyampaikan berbagai potensi desanya, seperi wisata hutan, bahari, rohani, dan budaya.

“Dari lomba desa wisata rintisan ini, kepala desa diminta untuk melihat potensi wisata di daerah mereka sehingga dapat memajukan desa dan memberikan manfaat yang nyata bagi kesejahteraan masyarakat,” kata Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Mimika, Petrus L. Koten, Selasa (6/8/2024).

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpor) Kabupaten Mimika. Sedangkan tim juri terdiri dari perwakilan Dinas Pariwisata Provinsi Papua, Yayasan Bahtera Pariwisata Jayapura, dan Pace Kreatif Papua.

Lebih lanjut, Kepala Disparbudpor Mimika, Jacob Toisuta mengatakan bahwa enam kepala desa peserta lomba mempresentasikan data-data potensi wisata desa mereka. Setelah itu, selama dua hari, Disparbudpor bersama dewan juri akan melakukan kunjungan ke enam desa tersebut untuk melakukan penilaian.

Setelah penilaian selesai, akan ditentukan satu pemenang desa wisata terbaik di Timika. Aparatur desa terbaik ini akan dibawa untuk melakukan kunjungan ke desa wisata di luar Timika.

“Yang menang ini, kalau Tuhan sayang, ada dana, maka kita akan bawa mereka untuk kunjungi desa wisata di luar. Ini untuk membuka pola pikir mereka dalam pengembangan desa wisata,” pungkasnya.

Penulis: Wahyu
Editor: Aziz

Exit mobile version