Site icon Kolom Desa

Pemdes Renggiang Gelar Lomba Perahu Dayung Tradisional

Lomba perahu dayung tradisional yang digelar di Desa Renggiang. Sumber: rri.co.id

Lomba perahu dayung tradisional yang digelar di Desa Renggiang. Sumber: rri.co.id

Kolomdesa.com, Belitung Timur – Pemerintah Desa Renggiang, Kecamatan Simpang Renggiang, Kabupaten Belitung Timur bersama mahasiswa KKN IAIN SAS Bangka Belitung mengadakan lomba perahu dayung tradisional. Lomba perahu dayung ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya mempertahankan tradisi masyarakat.

“Ini salah satu tradisi masyarakat sejak dulu yang menggunakan perahu untuk mencari ikan di sungai dan kami selaku mahasiswa memberikan peluang kepada masyarakat untuk melestarikan adat dan budaya yang ada di desa Renggiang ini,” ujar Mahasiswa KKN IAIN SAS Babel, Muhammad Hafiz, Minggu (4/8/2024).

Ia menyampaikan panitia telah menyiapkan sebanyak 4 perahu untuk peserta dan 1 perahu untuk panitia dengan panjang sekitar 3 meter. Untuk peserta lomba perahu dayung ini pun berjumlah 20 orang.

Hafiz berharap agar lomba yang bersifat tradisional seperti ini agar terus diadakan setiap tahunnya serta ditingkatkan kualitas penyelenggaraannya, sehingga dapat menjadi media promosi wisata di Desa Renggiang.

Sementara itu, Anton salah satu peserta lomba perahu dayung sangat bersemangat mengikuti lomba dayung ini dan menjadi salah satu kegiatan yang ditunggu. Ia menilai lomba ini memberikan hiburan dan kemeriahan bagi masyarakat.

“Kami selaku masyarakat sangat antusias sekali dengan adanya lomba ini dan semoga di tahun-tahun berikutnya terus dilaksanakan oleh pihak desa,” pungkasnya.

Penulis: Wafi
Editor: Aziz

Exit mobile version