Perbaikan Jalan Desa Binjai Bakal Dorong Pertumbuhan Ekonomi Warga

Pembangunan box culvert di ruas jalan Desa Binjai menuju Desa Sungai Kumap Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong.
Pembangunan box culvert di ruas jalan Desa Binjai menuju Desa Sungai Kumap Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong. Sumber:Antara

Kolomdesa.com, Tabalong – Jalan Desa Binjai menuju Desa Salikung Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan diperbaiki dengan beton cor. Proyek yang menelan dana sekitar Rp 17 miliar dari APBD Kabupaten Tabalong 2024 itu dilakukan demi mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

“Perkerasan jalan dengan cor beton sepanjang 460 meter (segmen binjai) dan sirtu  sepanjang 500 meter kita lakukan pada 2021,” kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Sunengsi, Jumat (2/8/2024).

Sunengsi mengatakan pembangunan infrastruktur jalan Desa Binjai – Desa Salikung dilaksanakan  sejak tahun 2021. Dilanjutkan pada tahun  2022 berupa  perkerasan jalan dengan cor beton sepanjang 915 meter (segmen Binjai dan Luna) dan tahun  2023 perkerasan jalan dengan cor beton sepanjang 1,1 kilometer.

Perkerasan dengan cor beton ini sangat membantu akses warga mengingat posisi  Desa Salikung maupun Desa Sungai Kumap berada di kawasan perbukitan dan cukup jauh dari ibukota Kecamatan Muara Uya yakni sekitar 63 kilometer dari Kota Tanjung.

”Pada tahun ini kegiatan dilanjutkan perkerasan jalan dengan cor beton sepanjang 4,5 kilometer  (realisasi 250 meter) dan pekerjaan Box Culvert 8 buah (realisasi 4 buah),” tambahnya.

Sementara itu, untuk peningkatan jalan Desa Sungai Kumap sepanjang 8 kilometer dialokasikan Rp11 miliar. Kemudian di tahun 2022 peningkatan kualitas jalan Desa Sungai Kumap berupa perkerasan jalan dengan cor beton sepanjang 425 Meter dan lanjut tahun 2023 perkerasan jalan dengan cor beton sepanjang 321 Meter.

“Realisasi tahun ini perkerasan jalan dengan cor sepanjang 1,5 kilometer dengan target 3,9 kilometer dan pembangunan box culvert dua buah,” tambahnya.

Penulis : Devi arp
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *