Site icon Kolom Desa

Ratusan Kades di Sulut Diminta Tingkatkan Kompetensi Diri

Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw bersama seluruh Kades se-Sulawesi Utara. Sumber: Istimewa

Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw bersama seluruh Kades se-Sulawesi Utara. Sumber: Istimewa

Kolomdesa.com, Sulut – Ratusan kepala desa di Provinsi Sulawesi Utara diminta untuk meningkatkan kompetensi diri di tengah dinamika masyarakat yang selalu berkembang. Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Sulawesi Utara saat memberikan arahan kepada ratusan perangkat desa dalam bimbingan teknis untuk meningkatkan kemampuan administratif dalam mengelola keuangan desa.

“Maka dari itu seluruh pemimpin di tingkat desa harus diberi pencerahan, diberi pengetahuan dan ilmu yang baru,” kata Wagub Sulut, Steven Kandouw, Kamis (1/8/2024).

Ia mengatakan kepala desa merupakan pimpinan tertinggi yang ada di desa. Oleh karena itu, kepala desa harus bisa menjadi teladan bagi masyarakat yang ada di desanya masing-masing.

“Anda semua adalah pemimpin di tingkat desa,” ucapnya.

Menurutnya, kepala desa layaknya keping mata uang yang harus menjadi teladan dan harus dihormati. Namun disisi lain ada tanggung jawab besar yang harus dijalankan.

Bagi Steven, selain mengelola dana desa, mereka punya tugas untuk memotivasi warganya untuk giat bekerja. Selain itu, juga agar memunculkan masyarakat yang sadar akan pentingnya kesehatan.

“Ada juga tugas anda yang sangat penting, anda punya tanggung jawab yang besar dalam literasi pendidikan anak-anak kita,” terangnya.

Dirinya menekankan pentingnya perlindungan terhadap aset seperti kepemilikan tanah dan pemanfaatannya untuk kegiatan pertanian atau perkebunan. Selain itu, ia juga menyoroti pentingnya kesadaran perangkat desa dalam upaya pencegahan stunting.

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Aziz

Exit mobile version