Kolom Desa

Diikuti 1000 Peserta, Apel Kebangsaan Pendamping Desa Zona 1 Sukses Digelar

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT) Abdul Halim Iskandar bersama peserta Apel kebangsaan. Sumber: Dok. Kolomdesa

Kolomdesa.com, Pasuruan – Badan Kesantuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Timur usai gelar Apel Kebangsaan bersama Pendamping Desa se-Jawa Timur. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Kebun Raya Purwodadi Pasuruan, pada Minggu, (28/7/2024)

Para Pendamping Desa yang turut mengikuti Apel Kebangsaan berasal dari zona satu. Terdiri dari 15 kabupaten se-Jawa Timur (Pasuruan, Malang, Blitar, Batu, Sidoarjo, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT) Abdul Halim Iskandar, Forkompinda Jawa Timur dan Forkompinda dari 15 kabupaten se-Jawa Timur dan juga pejabat Pemerintah Jawa Timur.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Desa PDTT memimpin langsung apel kebangsaan. Ia menegaskan bahwa tugas dari Pendamping Desa adalah bekerja untuk kepentingan negara dan kepentingan masyarakat desa. Sebab itu, dalam melaksanakan tugas percepatan pembangunan desa dilarang membawa kepentingan kelompok atau golongan.

Diikuti 1000 Peserta, Apel Kebangsaan Pendamping Desa Zona 1 Sukses Digelar
Suasana Apel Besar Kebangsaan Bersama Pendamping Desa Jawa Timur 2024. Sumber: Dok. Kolomdesa

“Penyerahan simbolis bendera merah putih tadi sebagai simbol bahwa tugas dan tanggungjawab kita harus untuk kepentingan negara, bukan untuk kepentingan golongan apapun,” tuturnya.

Tidak hanya memberi arahan dan mengingatkan akan profesionalitas Pendamping Desa, pria yang akrab disapa Gus Halim tersebut juga mengapresiasi kinerja segenap Pendamping Desa.

Menurutnya, Pendamping Desa telah bekerja maksima, serta telah membuktikan bahwa percepatan pembangunan desa dapat terlaksana karena kinerja pendampingan yang konsisten terhadap prinsip-prinsip pembangunan desa.

“Ayo Kita terus khidmat kepada bangsa dan negara melalui percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Apel Akbar Kebangsaan diikuti kurang lebih 1000 Pendamping Desa dari 15 Kabupaten se-Jawa Timur. Untuk Apel kebangsaan zona dua akan diselengarakan pada bulan September 2024.

Penulis: Ilham
Editor: Rizal

Exit mobile version