Kenang Pendiri Desa, Pemdes Bediwetan Gelar Tradisi Amurwa Bawana

Wujud syukur warga desa Bediwetan gelar Napak Tilas Amurwa Bawana. Sumber jejakkasus.info
Wujud syukur warga desa Bediwetan gelar Napak Tilas Amurwa Bawana. Sumber jejakkasus.info

Kolomdesa.com, Ponorogo – Pemerintah Desa (Pemdes) Bediwetan, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, menggelar tradisi Tapak Tilas bernama Amurwa Bawana di Masjid Al Jabbar Dukuh Simo, Desa Bediwetan.

Agenda ini tidak hanya bertujuan merawat tradisi serta mengenang leluhur desa, namun juga sebagai momen memperkuat kebersamaan dan rasa syukur atas karunia yang telah diterima oleh masyarakat Desa Bediwetan.

“Kegiatan ini selain mengenang dan mendoakan untuk para pendiri atau yang babad desa Bediwetan juga sebagai ungkapan rasa syukur atas keberkahan dari Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa,” papar Kepala Desa Bediwetan, Wasito, Kamis (25/7/2024).

Lebih lanjut, Wasito menjelaskan, acara dimulai dengan penyerahan dimar atau ublik penyuluh dari ulama Dukuh Simo, kepada Kepala Desa Bediwetan, Wasito. Usai menerima ublik penyuluh, Kades Wasito menyalakan tujuh obor yang kemudian dikirab mengelilingi desa.

“Selanjutnya Napak Tilas Amurwa Bawana Desa Bediwetan dimulai mengelilingi desa,” ujarnya.

Setelah diberangkatkan dari Masjid Al Jabbar, Dukuh Simo, seluruh rombongan atau peserta Napak Tilas Amurwa Bawana Desa Bediwetan menuju Dukuh Warung.

“Rombongan Napak Tilas Amurwa Bawana Desa Bediwetan kemudian menggelar doa di Dukuh Warung, Makam Mbah Soprojo, Mbah Soprojo, Mbah Sojiwo dan Mbah Babad serta doa terakhir di Balai Desa Bediwetan,” tambahnya.

Acara diakhiri dengan kenduri bersama lengkap dengan buceng panggang dan sajen jangkep di Balai Desa Bediwetan.

Para peserta Napak Tilas Amurwa Bawana Desa Bediwetan berasal dari sesepuh desa, perangkat desa, BPD, LPMD, pengurus RT/RW, tokoh masyarakat serta tokoh agama maupun karang taruna dari Dukuh Krajan, Simo dan Warung.

Sedangkan Jaeno selaku Sekdes Bediwetan mengaku bersyukur atas suksesnya acara Napak Tilas Amurwa Bawana Desa Bediwetan tahun 2024 ini.

“Alhamdulillah seluruh rangkain acara malam ini berjalan lancar, aman dan sukses. Terimakasih atas dukungan semua elemen yang ada di Desa Bediwetan,” pungkas Jaeno.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *