Site icon Kolom Desa

Akibat Longsor, Warga Desa Jiko Belanga Terpaksa Gunakan Jalur Laut

Ilustrasi Warga Desa Jiko Belanga Menggunakan Perahu. Sumber Foto: Istock

Ilustrasi Warga Desa Jiko Belanga Menggunakan Perahu. Sumber Foto: Istock

Kolomdesa.com, Boltim – Longsor yang melanda Desa Jiko Belanga, Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara (Sulut), terpaksa membuat warga sekitar menggunakan jalur laut. Pasalnya, saat ini warga tidak bisa mengakses jalur darat lantaran aksesnya terputus akibat longsor.

“Ada yang sempat pakai jalur laut karena akses jalan melalui darat memang putus total,” kata Kepala Desa Jiko Belanga, Seprianto J Matuak, Minggu (21/7/2024).

Ia mengatakan, beberapa warga setempat sempat memakai akses jalur laut untuk keluar dari desa. Hal itu lantaran terputusnya akses darat yang disebabkan tanah longsor.

Namun saat ini cuaca di Boltim sedang buruk. Hal itu membuat warga tidak lagi berani menggunakan jalur laut lantaran ombaknya yang besar.

“Ombaknya setinggi dua meter. Jadi warga sudah tak berani lagi,” ungkapnya.

Dirinya pun mengungkapkan, bahwa saat ini warga Desa Jiko Belanga terisolir. Ia berharap agar Pemda bisa membantu warganya dan mengecek lokasi longsor tersebut.

“Kami tidak bisa berbuat apa apa, ini fenomena alam, namun saya juga sudah berkoordinasi degan Pemkab dan melaporkan kondisi saat ini,” ujarnya.

Ia juga berharap, agar bencana tersebut segera bisa ditangani oleh BPBD dan Dinas PU. Agar akses jalan di desanya bisa kembali normal.

“Kami berharap BPBD dan Dinas PU untuk dapat menurunkan alat berat agar memperbaiki jalan tersebut dan mengevakuasi warga yang terdampak longsor,” tutupnya.

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Aziz

Exit mobile version