Site icon Kolom Desa

Pemdes Pohsangit Ngisor Terangi 14 Titik PJU Jalan Desa

Kepala Desa Pohsangit Ngisor Nijar meninjau hasil pemasangan PJU di jalan Dusun Krasak. Pengadaan PJU ini dialokasikan dari dana desa tahap pertama 2024. Sumber : radarbromo.jawapos.com

Kepala Desa Pohsangit Ngisor Nijar meninjau hasil pemasangan PJU di jalan Dusun Krasak. Pengadaan PJU ini dialokasikan dari dana desa tahap pertama 2024. Sumber : radarbromo.jawapos.com

Kolomdesa.com, Probolinggo – Pemerintah Desa Pohsangit Ngisor, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo berupaya menerangi sepanjang jalan desa dengan pengadaan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU). Tahun ini pemdes merealiasikan pengadaan dan pemasangan 14 titik PJU yang berlokasi di Dusun Krasak.

“Jalan desa yang padat permukiman sudah dipasangi penerangan dari warga lingkungan setempat. Kami fokus terhadap jalan desa yang gelap dan sepi permukiman. Agar warga yang melintas di jalan desa yang sepi permukiman, tetap merasakan aman dan nyaman karena terang,” ujar Kepala Desa Pohsangit Ngisor, Nijar, Kamis (18/7/2024).

Kepala Desa Pohsangit Ngisor Nijar menjelaskan bahwa separuh jalan desa di Desa Pohsangit Ngisor sudah dilengkapi PJU yang dipasang oleh pemerintah desa. Setiap tahun Pemerintah Desa Pohsangit Ngisor memiliki program pengadaan lampu PJU. Setelah sebelumnya membangun sejumlah PJU di Dusun Kolor, tahun ini giliran Dusun Krasak. Ada belasan PJU yang dibangun.

Nijar menegaskan bahwa pengadaan lampu PJU akan menjadi program berkelanjutan setiap tahunnya. Sampai sepanjang jalan di Desa Pohsangit Ngisor, terang semua. Dengan begitu, masyarakat yang mayoritas petani dan peternak, merasa lebih aman dan nyaman.

“Puluhan PJU sudah terpasang di jalan Desa Pohsangit Ngisor. Nanti akan berlanjut tahun 2025 sampai titik-titik yang gelap terang semua,” jelasnya.

Selain pengadaan lampu Penerangan Jalan Umum, Pemerintah Desa Pohsangit Ngisor, juga fokus pada pembangunan infrastruktur lainnya ada jalan dan irigasi. Namun, karena keterbatasan anggaran, realisasinya dilakukan secara bertahap.

Tahun ini pemerintah desa mengalokasikan anggaran untuk mengaspal jalan sepanjang 827 meter di Dusun Krajan. Jalan ini akan diperbaiki karena sudah rusak parah.

“Alhamdulillah, untuk pembangunan jalan aspal siap direalisasikan. Seluruh bahan material sudah ada di lokasi. Rencana besok (hari ini), akan mulai pengerjaannya,” ujar Kepala Desa Pohsangit Ngisor, Nijar.

Selain jalan, Nijar menyebutkan bahwa pihaknya juga berupaya membangun irigasi. Tahun kemarin, dilakukan di beberapa titik di Dusun Kolor RT 3 sampai RT 5/RW 2. Panjangnya beragam, mulai 75 meter, 104 meter, dan 178 meter.

Menurut Nijar, pembangunan irigasi sangat penting. Derasnya aliran air sering menyebabkan tanah sawah terkikis dan longsor.

“Direncanakan, tahun ini juga ada pembangunan irigasi. Semoga ada anggaran yang dapat direaliasikan,” harapnya.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Danu

Exit mobile version