Site icon Kolom Desa

Desa Panaikang Disiapkan Ikuti Lomba Desa Tingkat Regional

Kepala Dinas PMD Sinjai, Yuhadi Samad, Sumber Foto: Istimewa.

Kepala Dinas PMD Sinjai, Yuhadi Samad, Sumber Foto: Istimewa.

Kolomdesa.com, Sinjai – Setelah dinobatkan sebagai juara pertama pada lomba desa tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun 2024, kini Desa Panaikang, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, kembali dipersiapkan untuk menghadapi lomba desa tingkat regional. Namun, desa tersebut harus terlebih dahulu menjalani verifikasi dokumen.

“Hanya 5 yang akan dilakukan verifikasi lapangan, salah satunya tentu yang terbaik versi dokumen. Ini akan kita maksimalkan sebagai persyaratan awal untuk bisa lolos mengikuti verifikasi lapangan,” kata Kepala Dinas PMD Sinjai, Dr. Yuhadi Samad, Selasa (16/7/2024).

Yuhadi mengatakan Provinsi Sulawesi Selatan masuk di wilayah Regional III yang meliputi wilayah Sulawesi dan Kalimantan. Sehingga otomatis Desa Panaikang yang akan mewakili Sulawesi Selatan di ajang lomba desa tingkat regional tahun ini akan bersaing dengan beberapa provinsi di Pulau Sulawesi dan Kalimantan.

Ia menegaskan, kelengkapan dokumen yang menjadi aspek penilaian awal harus benar-benar dimaksimalkan. Sebab, desa yang akan menjalani verifikasi lapangan secara langsung oleh tim penilai dari pemerintah pusat terlebih dahulu lolos pada penilaian verifikasi dokumen.

“Dalam waktu dekat kita akan melakukan pertemuan melalui zoom sebelum turun melakukan pembinaan. Yang paling utama adalah kesiapan dokumennya dulu. Ini yang perlu kita persiapkan secara matang,” ungkapnya.

Lebih lanjut, sesuai arahan dari Penjabat (Pj) Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah, Yuhadi mengajak seluruh komponen untuk memaksimalkan pembinaan sehingga seluruh kesiapan bisa mendapat hasil terbaik.

“Untuk jadwal penilaian verifikasi dokumen kita masih menunggu informasi lebih lanjut dari Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa,” tutupnya.

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Aziz

Exit mobile version