Site icon Kolom Desa

Desa Pacerakkang Terpilih Sebagai Desa Sadar Kerukunan

Launching dan Pembinaan Desa Sadar Kerukunan oleh KUB Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel. Sumber Foto: Istimewa

Launching dan Pembinaan Desa Sadar Kerukunan oleh KUB Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel. Sumber Foto: Istimewa

Kolomdesa.com, Luwu – Desa Pacerakkang, Kecamatan Ponrang Selatan, Kabupaten Luwu berhasil terpilih menjadi salah satu dari tujuh desa Sadar Kerukunan di Sulawesi Selatan. Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas upaya desa tersebut dalam menjaga keharmonisan antar warga selama lima dekade terakhir.

“Penting memberikan penghargaan kepada desa-desa yang mampu melestarikan kerukunan umat beragama, dan kami hadir di Desa Pacerakkang ini untuk mengapresiasi keberagaman yang telah terjaga dan melestarikan kearifan lokal yang saling menghargai kerukunan dalam kehidupan sosial di desa ini,” kata Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Kanwil Kemenag Sulsel, H. Ali Yafid, Selasa (16/7/2024).

Ali mengungkapkan, bahwa ini bagian dari apresiasi dan upaya pelestarian kerukunan, Desa Pacerakkang akan menerima bantuan dari pemerintah.

Sementara itu, Asisten 2 Setda Kabupaten Luwu, Suparman mewakili Pj Bupati Luwu melaunching kerukunan ini dan menegaskan dukungan penuh pemerintah daerah terhadap desa-desa yang telah terpilih sebagai Desa Sadar Kerukunan.

“Kami bangga dan berterima kasih kepada Kanwil Kemenag Sulsel yang telah menunjuk Desa Pacerakkang sebagai Desa Sadar Kerukunan di antara banyak desa di Sulawesi Selatan,” ungkapnya.

Sekadar informasi, penetapan Desa Pacerakkang sebagai desa sadar kerukunan merupakan simbol pengakuan atas upaya kolektif warga desa dalam memelihara keharmonisan dan toleransi. Yang mana nantinya diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya di seluruh Indonesia.

Pengakuan terhadap Desa Pacerakkang sebagai desa sadar kerukunan ini, tidak hanya bersifat simbolik saja, akan tetapi juga substansial dan kerukunan menjadi nilai serta perilaku keseharian di tengah-tengah masyarakat saat ini.

Di ketahui, Desa ini dipilih menggelar Launching dan Pembinaan Desa Sadar Kerukunan oleh KUB Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulsel, Selasa (16/7).

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Aziz

Exit mobile version