Site icon Kolom Desa

Sultan Tidore Diminta Selamatkan Maluku Utara Dari Desa

Kedaton Sultan Tidore. Sumber: Istimewa

Kedaton Sultan Tidore. Sumber: Istimewa

Kolomdesa.com, Tidore – Sultan Tidore Husain Alting Sjah diminta menyelamatkan Maluku Utara dari kemiskinan desa melalui pengembangan ekonomi lokal. Hal itu disampaikan oleh Rajif Duchlun, salah satu tamu Milineal Malut Bicara (MIMBAR) Selamatkan Maluku Utara dalam acara Milineal Projou di Rotasi Cafe.

“Saya mendengar banyak topik besar dibahas, tetapi tidak banyak yang memperhatikan hal-hal kecil. Bagi saya, menyelamatkan Maluku Utara berarti menyelamatkan kampung-kampung dan desa-desa,” katanya, Sabtu (13/7/2024).

Dalam forum tersebut, Rajif membahas upaya mendongkrak ekonomi desa. Ia mengatakan, karena desa merupakan sumber ekonomi yang penting untuk menyelamatkan daerah yang lebih luas.

“Yang kita sebut Maluku Utara ini,” jelasnya.

Ia melihat saat ini banyak penduduk desa yang meninggalkan kampung halaman untuk bekerja di industri tambang. Pasalnya, desa tidak memiliki sumber daya ekonomi yang dikelola baik oleh pemerintah desa maupun oleh generasi muda.

“Mereka kehilangan semangat untuk mengembangkan usaha di kampung halaman mereka sendiri, sehingga lebih memilih bekerja di industri besar,” ujar Rajif.

Menanggapi pernyataan Rajif, M. Wildan, salah satu presidium Milineal Projou dan narasumber dalam diskusi menyatakan akan menyarankan Sultan Tidore untuk memulai pembangunan dari desa-desa. Tentunya peran pemuda dalam pembangunan tersebut sangat dibutuhkan.

“Menurut saya, kita sudah mulai melakukannya. Dalam Milineal Projou ini, kita mengajak pemuda dari kampung atau kelurahan seperti Fitu, Jambula, dan lainnya, bukan dari kota,” ajaknya.

Penulis: Wahyu
Editor: Aziz

Exit mobile version