Site icon Kolom Desa

Pemdes Pagarawan Gelar Pelatihan Proklim Berbasis Digital

Pelatihan Program Kampung Iklim (PROKLIM) berbasis digital. Sumber Foto: Istimewa

Pelatihan Program Kampung Iklim (PROKLIM) berbasis digital. Sumber Foto: Istimewa

Kolomdesa.com, Bangka – Duta Digital Kementerian Desa PDTT dan Kader Digital Desa Pagarawan, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Program Kampung Iklim (PROKLIM) berbasis digital. Kegiatan dipusatkan di Kantor Desa Pagarawan.

Pj Kepala Desa Pagarawan, Sarkani menyampaikan bahwa kegiatan Pelatihan Program Kampung Iklim yang diinisiasi Duta dan Kader digital Desa Pagarawan ini sangat baik. Ia menilai karena program ini belum diketahui oleh Pemdes, sehingga dapat membantu meningkatkan kinerja Pemdes terutama mengenai kelestarian lingkungan.

“Desa Pagarawan memiliki berbagai potensi seperti Eduwisata Kulong Kelat, Pulau Rusa, serta berbagai kegaitan yang selaras dengan data-data masukan Proklim ini. Terima kasih juga kepada tim Proklim DLHK Provinsi Kep. Babel yang sudah bersedia hadir memberi informasi ke desa kami, Semoga selanjutnya dapat bersinergi dalam Proklim ini,” kata Sarkani, Minggu (14/7/2024).

Ia mejelaskan kegiatan ini merupakan realisasi program Smart Village Kementerian Desa PDTT yang diselenggarakan RKDD Pagarawan melalui Kader Digital bekerja sama dengan Komunitas BECAK BABEL dan menghadirkan DLHK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai narasumber kegiatan.

Kegiatan diikuti oleh 25 orang yang merupakan perwakilan Pemerintah Desa, BPD, Kepala-Kepala Dusun, dan Kelompok Masyarakat seperti Karang Taruna, Posyandu, PKK, Kelompok Tani, Kelompok Budidaya Ikan, Pokdarwis, Yayasan TKA-TPA BKPRMI Unit Pagarawan, BUMDes, dan Komunitas Digital Desa.

Lebih lanjut, Duta Digital Kementerian Desa PDTT, Muhammad Arinda Unigraha Utama menjelaskan kegiatan ini merupakan kegiatan Desa Cerdas dengan pilar lingkungan cerdas yang berasal dari intervensi Kementerian Desa PDTT.

“Melalui Pelatihan Proklim berbasis digital yang melibatkan pemangku kepentingan di tingkat desa, kami berharap menjadi sarana deseminasi informasi yang baik untuk menginformasikan program kampung iklim,” tutupnya.

Penulis: Wafi
Editor: Aziz

Exit mobile version