Site icon Kolom Desa

Pemdes Kubang Tangah Gelar Bimbingan Olah Menu Balita Stunting

Bimbingan pengolahan menu balita stunting di Desa Kubang Tangah. Sumber Foto: Dok.www.sumbar.com

Bimbingan pengolahan menu balita stunting di Desa Kubang Tangah. Sumber Foto: Dok.www.sumbar.com

Kolomdesa.com, Sawahlunto – Pemerintah Desa Kubang Tangah, Kecamatan Lembah Segar, Kabupaten Sawahlunto menyelenggarakan bimbingan pengolahan menu balita stunting. Bimbingan pengolahan menu itu menjadi salah satu upaya pihaknya dalam mencegah dan menurunkan prevalensi stunting di desa tersebut.

“Jadi melalui bimbingan ini kita meningkatkan wawasan dan kapasitas ibu-ibu yang anaknya terindikasi stunting untuk bagaimana mengolah makanan menjadi menu yang sesuai dengan kebutuhan anak stunting. Ini penting sekali sebab intervensi penanganan stunting paling berpengaruh itu dari faktor makanan,” ujar Kepala Desa Kubang Tangah Rice Ricardo, Senin (8/7/2024).

Ia menjelaskan, pihaknya tidak hanya membimbing bagaimana menyiapkan menu yang sehat dan sesuai untuk anak stunting. Sebelumnya juga telah diberikan bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Kemudian untuk pemateri yakni dari jajaran Penyuluh Keluarga Berkualitas Kecamatan Lembah Segar dan Kepala Puskesmas Lunto. Ia menyebut peserta dari bimbingan pengolahan menu itu adalah para ibu dari anak terindikasi stunting, anak underweight (berat badan kurang) dan ibu hamil Kekurangan Energi Kronis (KEK).

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan menyampaikan apresiasi dan terima kasih terhadap kinerja dan program yang dilaksanakan Pemdes Kubang Tangah tersebut, sebagai peran serta mendukung Pemkot dalam menurunkan angka prevalensi stunting.

“Apresiasi sekali terhadap inisiatif dari Pemdes Kubang Tangah menindaklanjuti komitmen Pemkot Sawahlunto terhadap penurunan jumlah balita stunting. Memang pekerjaan untuk menangani stunting ini sangat ditentukan oleh dukungan pemerintah terdepan yakni jajaran desa dan kelurahan,” kata Fauzan.

Ia mendukung upaya Pemdes Kubang Tangah di bidang stunting itu. Selain itu, ia juga mengarahkan jajaran perangkat daerah terkait untuk membantu dan menyinkronkan program dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemdes Kubang itu.

Penulis: Wafi
Editor: Aziz

Exit mobile version