Site icon Kolom Desa

Gerakan Baca Tulis Sasar Warga Kampung Komba

Guru Sekolah Dasar Negeri Komba Agustina Felle saat mengajar baca tulis hasil kolaborasi dengan Bhabinkamtibmas. Sumber: Istimewa

Guru Sekolah Dasar Negeri Komba Agustina Felle saat mengajar baca tulis hasil kolaborasi dengan Bhabinkamtibmas. Sumber: Istimewa

Kolomdesa.com, Jayapura – Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Unit Binmas Kepolisian Sektor (Polsek) Kawasan Bandara Sentani melaksanakan Program Gerakan Baca Tulis (Gabus). Kegiatan kali ini menyasar pemuda-pemudi di Kampung Komba, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

“Kegiatan belajar hasil kerja sama itu diikuti 32 peserta didik, 11 di antaranya kelompok bermain, 15 masih mengenyam bangku pendidikan sekolah dasar, 2 peserta SMP, seorang paket A dan B serta 2 peserta didik Paket C,” kata Bhabinkamtibmas Polsek Kawasan Bandara Sentani Aiptu Abang, Senin (8/7/2024).

kegiatan belajar kolaboratif berlangsung di kediaman Agustina Felle, guru Sekolah Dasar (SD) Negeri Komba. Menurut Abang, para peserta didik atau paket B dan C sudah siap mengikuti ujian paket setelah beberapa bulan belajar bersama.

“Adanya peningkatan atau kemajuan dalam mengeja, membaca maupun menulis sehingga akan mudah bagi anak-anak di kelompok bermain saat masuk sekolah dasar,” ujarnya Abang.

Abang menjelaskan, kegiatan baca dan tulis ini bekerja sama (kolaborasi) dengan para guru. Orangtua yang mengantar anak-anaknya juga terkadang bergabung ikut serta dalam pembelajaran tersebut.

“Untuk peserta paket sudah siap mengikuti ujian menunggu informasi lebih lanjut dari Dinas Pendidikan, selain itu mereka juga siap mengikuti mendapatkan Surat Keterangan Melek Aksara atau Sukma yang diterbitkan Polres bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura,” pungkasnya.

Penulis: Wahyu
Editor: Aziz

Exit mobile version