Festival Kampung Nelayan Sulap Desa Hamadi Jadi Wisata

Suasana pengunjung Festival Kampung Hamadi. Sumber: Dok. Cendrawasih Pos
Suasana pengunjung Festival Kampung Hamadi. Sumber: Dok. Cendrawasih Pos

Kolomdesa.com, Jayapura – Pagelaran Festival Kampung Nelayan (FKN) menjadikan kampung nelayan Hamadi menjadi destinasi wisata bahari yang menarik. Sejumlah pertunjukan dan penjualan kuliner ikan ditawarkan dalam acara yang berlangsung sejak Jumat hingga Minggu (7/7/2024).

FKN tahun ini mengambil tema Jayapura Makan Ikan Asar atau Jamaika. Ada lomba perahu hias, lomba perahu naga, memasak dengan bahan baku ikan hingga produk turunan dari semuanya ikan.

“Orang tua yang tinggal di Kampung Nelayan sebisa mungkin wajib memberikan makan ikan pada anak agar kebutuhan protein terpenuhi. Di Jepang itu segala macam ikan dimakan mulai dari yang masak hingga yang mentah juga dimakan makanya banyak yang cerdas pintar di sana (Jepang),” kata Pj Walikota Jayapura, Christian Sohilait, Jumat (5/7/2024).

Festival Kampung Nelayan merupakan ajang untuk menjadikan kampung itu sebagai pusat destinasi wisata di kota Jayapura. Oleh sebab itu, salah satu tarian juga ditampilkan pada Festival Kampung Nelayan Hamadi.

Sohilait mengapresiasi event ini dan meminta panitia untuk mengkonsep lebih besar dalam event yang akan datang. Tujuanya agar ikan asar dari Kota Jayapura ini bisa lebih dikenal dan jadi brand yang bisa dijadikan buah tangan atau oleh-oleh.

“Yang di Sentani maupun Keerom jangan lagi ke Café, tapi mari mampir disini,” ajaknya.

Sohilait meminta orang tua memastikan bisa memenuhi kebutuhan protein dari ikan kepada anak–anaknya. Tidak kalah penting, ia juga mengajak masyarakat agar menjaga lingkungan dengan baik.

“Jaga kampung ini baik, mungkin kita tidak buang (sampah), tapi di sebelah sana yang kasih kotor, akhirnya kita juga yang kena disini,” imbuhnya.

Penulis: Wahyu
Editor: Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *