Site icon Kolom Desa

Pemdes Bukit Layang Gelar Sosialisasi Smart Village

Kegiatan Sosialisasi Desa Cerdas dan RKDD di Kantor Desa Bukit Layang. Sumber Foto: Istimewa

Kegiatan Sosialisasi Desa Cerdas dan RKDD di Kantor Desa Bukit Layang. Sumber Foto: Istimewa

Kolomdesa.com, Bangka – Pemerintah Desa Bukit Layang bersama Duta dan Kader Digital Desa menggelar sosialisasi Desa Cerdas (Smart Village) dan Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) di kantor desa setempat. Kegiatan yang mengusung tema ‘Pelatihan Pembuatan Peta Digital Desa’ itu diikuti oleh 25 peserta perwakilan dari Kepala Dusun, Ketua RT, pemuda-pemudi serta masyarakat Desa Bukit Layang.

“Diharapkan dengan kegiatan ini Desa Vukit Layang semakin melek digital, sehingga apa yang kita pelajari pada hari ini dapat memberikan manfaat,” ujar Andi Anjoyo selaku Kader Digital Desa Bukit Layang, Minggu (30/6/2024).

Ia mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Bukit Layang yang sudah memfasilitasi kegiatan ini sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.

Kepala Desa Bukit Layang Surono mengatakan kegiatan ini sangat positif sekali serta erat kaitannya dengan Pemerintah Desa yang saat ini sedang menggalakan digitalisasi.

“Saya selaku Kepala Desa sangat mendukung kegiatan ini, karena sangat banyak manfaatnya terutama bagi Pemerintah Desa, sehingga ke depannya Desa Bukit Layang diharapkan mampu membuat peta wilayah desa, peta wilayah dusun, wilayah RT secara mandiri,” kata Surono.

Sementara itu, Achmad Riyadi selaku narasumber akademisi Institut Pahlawan 12 mengungkapkan, di era yang serba digital ini banyak teknologi yang bisa kita manfaatkan. Masyarakat juga tidak perlu takut tersesat karena sudah ada peta digital yang sangat membantu.

“Sekarang lah ade peta digital smartphone kite, jadi dak perlu takut agik men nek kemane-mane,” jelas Riyadi.

Ia berharap, Pemdes Bukit Layang dan masyarakat bisa memaksimalkan teknologi. Sehingga lebih mempermudah, mempercepat serta memaksimalkan pelayanan bagi masyarakat terutama dalam pemetaan.

Penulis: Wafi
Editor: Aziz

Exit mobile version