Belasan Desa di Sultra Kini Nikmati Listrik 24 Jam

Ilustrasi Pemasingan Listrik, Sumber Foto: Istock
Ilustrasi Pemasingan Listrik, Sumber Foto: Istock

Kolomdesa.com, Sultra – PT PLN (Persero) hadirkan akses listrik 24 jam nonstop untuk 167 keluarga yang tersebar pada 16 desa di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Hadirnya infrastruktur kelistrikan ini merupakan wujud komitmen PLN dalam menyediakan listrik berkeadilan untuk masyarakat, tak terkecuali di kawasan Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T).

“Listrik saat ini merupakan kebutuhan primer bagi masyarakat. Maka dari itu, kami akan terus mengakselerasi pemerataan listrik sampai wilayah 3T sesuai dengan pengejawantahan sila kelima Pancasila, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia,” kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) Moch Andy Adchaminoerdin, Jumat (28/6/2024).

Ia mengatakan, bahwa Perseroan akan terus mendorong pemerataan akses listrik karena sebagai salah satu kebutuhan dasar masyarakat. Dalam hal ini, pihaknya ingin memastikan infrastruktur kelistrikan dapat menjangkau seluruh masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat yang tinggal di kawasan 3T.

Ia menjelaskan, pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan, antara lain adalah Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 62,22 kilometer sirkuit (kms), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 60,58 kms, dan 26 unit gardu distribusi dengan total kapasitas 1.450 kilo Volt Ampere (KVA).

Pembangunan infrastruktur kelistrikan untuk melistriki 16 Desa menurutnya menjadi tantangan tersendiri. Karena, kata dia, pada saat melistriki Desa Wawosunggu, Kabupaten Konawe Selatan, petugas PLN seringkali dihadapkan dengan akses jalan yang berlumpur ketika memobilisasi material mencapai lokasi desa.

“Meskipun dihadapkan pada tantangan yang sulit, hal tersebut tidak menghentikan semangat petugas PLN dalam menyediakan listrik bagi dusun tersebut. Bahkan petugas kami memobilisasi material menggunakan gerobak yang dimodifikasi sedemikian rupa untuk sampai ke lokasi,” ujarnya.

Lebih lanjut, dirinya mengapresiasi pemerintah setempat dan masyarakat yang turut membantu meringankan petugas PLN dalam proses mobilisasi material.

Ia berharap, dengan hadirnya listrik 24 jam dari PLN ini, nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *