Aktivitas Warga Mandek, Usai Tiga Desa di Gorontalo Terendam Banjir

Ilustrasi Banjir, Sumber Foto, Istock
Ilustrasi Banjir, Sumber Foto, Istock

Kolomdesa.com, Gorontalo – Kecamatan Biluhu, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, dilanda banjir usai diguyur hujan deras dengan intensitas tinggi. Akibatnya, aktivitas warga di tiga desa tersebut mandek total.

Tiga deaa tersebut yakni, Desa Biluhu Barat, Desa Lobuto, dan Desa Lobuto Timur.

“Untuk sementara jumlah kepala keluarga yang terdampak masih kita hitung,” kata Camat Biluhu, Ahmad Baderan, Rabu (26/6/2024).

Ia mengatakan, saat ini tercatat ada 49 kepala keluarga terdampak banjir di Dusun Milango, Desa Lobuto. Satu unit rumah di Desa Lobuto dan satu unit rumah di Desa Biluhu Barat dilaporkan hanyut dan jembatan di Dusun Balombo putus.

“Untuk memantau itu kita ada kesulitan karena kita masih berusaha untuk mengevakuasi warga yang kemungkinan akan terjebak dengan banjir,” katanya.

Sementara itu, salah seorang warga setempat, Tika Manggasara mengatakan banjir mulai melanda wilayah itu pukul 11.00 WITA yang mengakibatkan rumah-rumah terendam banjir.

Menurutnya, ada dua rumah yang paling parah diterjang banjir dan mengakibatkan dua penghuni rumah tersebut harus mengungsi di perbukitan yang ada di belakang rumah mereka.

Ia menjelaskan, dua rumah warga yang terparah diterjang banjir tersebut milik Fatma Poyiyie dan Opin. Sejumlah isi rumah hanyut terbawa arus banjir, selain itu barang elektronik seperti televisi dan kulkas rusak karena terendam air.

Tak hanya itu, kata dia, jembatan penghubung antara Dusun Balombo dan Dusun Momala juga terputus. Hal itu lantaran tidak kuat menahan arus sungai yang sangat deras.

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *