Site icon Kolom Desa

Desa Teluk Dalam Mulai Budidaya Madu Lebah Kelulut

Potensi budidaya madu lebah kelulut cukup menggiurkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di Kabupaten Kutao Kartanegara, Kalimantan Timur.

Potensi budidaya madu lebah kelulut cukup menggiurkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di Kabupaten Kutao Kartanegara, Kalimantan Timur. Sumber:Tribunkaltim.com

Kolomdesa.com, Kutai Kartanegara – Madu lebah kelulut yang mulai dibudidayakan di Desa Teluk Dalam, Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur. Potensi budidaya madu lebah kelulut tersebut cukup menggiurkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di kabupaten setempat.

“Banyak konsumen mulai menaruh minat pada madu lebah kelulut, karena kandungan nutrisi dan antioksidanbya yang tinggi,” kata Kepala Desa Telu Dalam, Supian, Kamis (27/06/2024).

Supian mengatakan khasiat dari madu Lebah Kelulut dapat mengatasi peradangan, mencegah kanker, dan menurunkan berat badan. Kemudian sebagai anti bakteri alami dan memperkuat sistem imun tubuh.

“Setiap bulannya, produksi madu lebah kelulut di Teluk Dalam bisa tembus 200 botol,” tambahnya.

Supian menjelaskan bahwa produksi yang konsisten dapat memberikan kontribusi baik bagi perekonomian desa. Sehingga mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Pemdes Teluk Dalam mulai memikirkan dengan serius untuk mengambil langkah serius menjadikan desanya sebagai rumah produksi madu kelulut.

“Alhamdulilah budi daya madu kelulut ini bisa jadi sumber pendapatan baru bagi warga Teluk Dalam,” ungkapnya.

Dijelaskan sopian, madu kelulut dari Desa Teluk Dalam mulai dipasarkan melalui outlet lokal. Seiring meningkatnya permintaan pembeli, ada rencana pemdes untuk memperluas pasar.

Supian optimis, budi daya madu kelulut akan berkembang lebih jauh dan membawa manfaat ekonomi bagi desanya.

“Madu kelulut ini tidak hanya menawarkan manfaat kesehatan tetapi juga telah menjadi simbol kebangkitan ekonomi desa kami,” pungkasnya.

Penulis : Devi arp
Editor : Habib Az

Exit mobile version