Site icon Kolom Desa

Desa Adat Dalem Setra Batununggul Segera Gelar Atraksi Budaya

Dinas Pariwisata Klungkung saat meninjau kesiapan lokasi atraksi tari barong di Desa Adat Dalem Setra Batununggul. Sumber: Tribunbali

Dinas Pariwisata Klungkung saat meninjau kesiapan lokasi atraksi tari barong di Desa Adat Dalem Setra Batununggul. Sumber: Tribunbali

Kolomdesa.com, Klungkung – Desa Adat Dalem Setra Batununggul, Kecamatan Nusa Penida akan menggelar atraksi budaya Tari Barong pada 29 Juni 2024 mendatang. Upaya ini dilakukan untuk memaksimalkan potensi budaya sebagai atraksi pariwisata, mengingat sejauh ini pariwisata di Nusa Penida hanya mengandalkan keindahan alam, terutama laut.

Kadis Pariwisata Klungkung, Ni Made Sulistiawati langsung mengecek kesiapan venue pergelaran aktraksi budaya yang berlokasi di areal Pura Batununggul. Kesiapan atraksi Tari Barong di Desa Adat Batununggul menurutnya sudah sangat siap.

“Nantinya aktivitas budaya, diharapkan menambah daya ungkit pariwisata,” katanya.

Ia mengatakan Nusa Penida selama ini hanya mengandalkan wisata bahari dan pemandangan. Menurutnya, nanti secara berkelanjutan pergelaran aktraksi budaya terus dilakukan akan sangat baik menunjang pariwisata di Nusa Penida.

“Kami mengecek kesiapan venue pergelaran dan kesiapan yang lainnya. Tim pergerak seni di sini sangat antusias dan semangat inilah sangat kami harapkan agar aktraksi budaya ini berkelanjutan demi mendukung aktivitas pariwisata di Nusa Penida, ” ujar Sulistiawati, Senin (24/6/2024).

Ia mengakui peran masyarakat sangat dibutuhkan dalam upaya meningkatkan dan melengkapi akomodasi khususnya pada aktraksi budaya. Sehingga atraksi budaya ini akan memberikan pengalaman yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Nusa Penida.

Sementara Ketua Panitia Tari Barong Desa Adat Dalem Serra Batunubggul, I Dewa Gede Siugiarta menyambut baik kerja sama dengan pihak Pemerintah Kabupaten Klungkung dalam hal ini Dinas Pariwisata Klungkung. Melalui kerja sama itu, ia berharap memberikan efek domino bagi masyarakat, serta upaya pelestarian budaya ini memberikan sesuatu kebanggaan dan berdampak secara ekonomi bagi masyarakat.

“Kami mengakomodir dari penggiat seni memberikan ruang untuk berkreasi. Dengan pergelaran ini nanti melengkapi aktivitas pariwisata di Nusa Penida. Masalah kesiapan sudah sangat matang tinggal pentas,” tandasnya.

Penulis : Fais

Editor : Habib

Exit mobile version