Site icon Kolom Desa

Enam Desa Bersaing untuk Wakili Kabupaten Morotai

Monumen Trikora Kabupaten Pulau Morotai. Sumber: Dok. Istimewa

Monumen Trikora Kabupaten Pulau Morotai. Sumber: Dok. Istimewa

Kolomdesa.com, Pulau Morotai – Satu desa yang ada di Kabupaten Pulau Morotai akan mewakili dalam lomba tingkat Provinsi. Desa tersebut saat ini masih bersaing pada tahap seleksi, di antara 6 pemenang lomba desa tingkat kabupaten.

“Satu desa pemenang terbaik, nanti mewakili Kabupaten untuk masuk ke level Provinsi,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pulau Morotai, Ida Arsyad, Kamis (20/6/2024).

Ke enam desa tersebut yakni Desa Yayasan Kecamatan Morsel, Desa Sangowo Barat Kecamatan Mortim, Desa Bido Kecamatan Morut, Desa Raja Kecamatan Morja, Desa Usbar Pantai Kecamatan Morselbar dan Desa Posi-Posi Kecamatan Pulau Rao.

“Enam desa ini mewakili masing-masing Kecamatan yang di Pulau Morotai,” jelas Ida.

Ia melanjutkan, pemenang lomba desa tingkat Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, tahun 2024 saat ini tengah melakukan presentasi profil desa. Setelah dilakukan penilaian, akan diambil satu pemenang lomba yang akan mewakili lomba di tingkat provinsi.

“Lomba desa tingkat kabupaten ini kami benar-benar serius, karena targetnya kan semua desa memiliki profil desa. Menjadi acuan bagi desa-desa lainnya karena lomba desa ini untuk mengetahui tingkat perkembangan desa lewat profil desa makanya kita benahi semua-semua,” ujarnya.

Ida menambahkan, enam desa yang melakukan presentasi profil desa ini langsung dinilai oleh Dinas PMD, Dinas Pendidikan, BPBD, Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian. Besar harapan, Pulau Morotai nantinya bisa menjadi wakil dari Provinsi Maluku Utara.

“Jadi kita bermimpi saja, mudah-mudahan Morotai bisa jadi duta untuk Maluku Utara masuk ke level nasional,” pungkasnya.

Penulis: Wahyu
Editor: Danu

Exit mobile version