Kades Dorong Pengembangan Budidaya Udang Vaname dan Benur

Budidaya Udang Vaname Sumber Foto: Dok.tambakmilenial.com
Budidaya Udang Vaname Sumber Foto: Dok.tambakmilenial.com

Kolomdesa,com, Lampung Selatan-Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto mengapresiasi budidaya benur dan udang vaname yang dikembangkan oleh Jarsiman, Kepala Desa Way Muli.

Budidaya benur dan udang vaname dinilai sebagai salah satu inovasi yang perlu dikembangkan dalam sektor perikanan, terlebih udang vaname memiliki nilai jual tinggi.

“Pengembangan udang vaname ini satu satunya di Lampung, ada di Lampung Selatan Kecamatan Rajabasa. Keren Lampung Selatan,” kata Nanang Ermanto, Rabu (19/6/2024).

Pada kesempatan yang sama, Ia menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah daerah, pihak swasta, dan masyarakat dalam pengembangan sektor perikanan ini.

Ia berharap, budidaya udang vaname tersebut bisa menjadi peluang besar dan memberikan potensi wirausaha bagi masyarakat sekitar.

Sementara itu, Kepala Desa Way Muli sekaligus Mentor Budidaya Benur, Jarsiman menyampaikan, selain budidaya, pihaknya juga memberikan edukasi pengembangan benur dan udang vaname.

Bahkan pada beberapa tahun yang lalu, dirinya pernah dipanggil secara langsung ke negara tetangga untuk memberikan edukasi tentang pengembangan benur dan udang vaname.

“Saya pernah dipanggil ke Malaysia. Saya waktu itu diminta kesana oleh Mr. Andrian dari Mexico. Saya disana selama 6 tahun,” ungkap Jarsiman.

Penulis: Wafi
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *