Site icon Kolom Desa

Hujan Deras, 2 Desa di Boalemo Terendam Banjir

Ilustrasi Banjir melanda 2 Desa, Sumber Foto: Istock

Ilustrasi Banjir melanda 2 Desa, Sumber Foto: Istock

Kolomdesa.com, Boalemo – Dua Desa di Kabupaten Boalemo yakni Desa Buba’a dan Desa Limbatihu, Kecamatan Paguyaman Pantai terendam banjir. Hal itu diakibatkan usai kedua desa tersebut diguyur hujan deras sejak dini hari.

“Untuk banjir di kecamatan Paguyaman Pantai terjadi di dua Desa yakni desa Buba’a dan Desa Limbatihu. Kejadian ini karena memang hujan turun dari jam 12 malam hingga pukul 06.00 pagi tadi,” kata Kepala Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boalemo, Roslina, Rabu (19/06/24).

Ia menjelaskan, ketinggian air di Dua Desa tersebut mencapai 30 sampai 50 cm. Menurutnya, salah satu penyebab terjadinya bencana banjir di Dua desa tersebut akibat curah hujan dengan intensitas tinggi, sehingga saluran air dan sungai tidak mampu menampung velume air hingga merendam rumah Penduduk.

“Bencana ini akibat pegunungan yang sudah gundul karena ditanami jagung dan juga banjir dari sungai akibat curah hujan tinggi,” ujarnya.

Akibat bencana banjir yang melanda di dua Desa tersebut, sebanyak 1157 Jiwa di 7 Dusun terdampak banjir. Namun, kata dia, saat ini banjir yang terjadi di wilayah tersebut sudah berangsur surut.

“Data yang berhasil kami himpun, untuk desa Limbatihu terjadi banjir di 3 dusun yakni Dusun Limba 175 Rumah terendam, 175 KK/ 575  jiwa, Dusun bontula, 52 unit rumah,  52 kk/ 208 jiwa dan Dusun lomuli, 31 unit rumah, 31 KK/154 jiwa. Sementara untuk Desa Buba’a di 4 dusun yaitu, Dusun Sumber karya 12 KK, 48 jiwa, 11 unit rumah, Dusun iloheluma 17 KK, 61 jiwa, Dusun karya indah  14 KK, 52 jiwa, 10 unit rumah serta Dusun jaya karya 15 KK, 59 jiwa 14 rumah,” terangnya.

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Danu

Exit mobile version